berkenalan.com tempat membuat dan bertukar kartu nama online
dechacare.com dechacare.com

SHORTCUTS!!
 •  Informasi Seks
 •  Kirim Informasi
 •  Index Informasi
 •  Kalender Kesehatan
 •  Forum Kesehatan
 •  Humor Kesehatan
 •  Kirim Humor
 •  Daftarkan Link
 •  FAQ
• 

Farmakognosi
Farmakognosi merupakan salah satu ilmu yang mempelajari tentang bagian-bagian tanaman atau hewan yang dapat digunakan sebagai obat alami yang telah melewati berbagai macam uji seperti uji farmakodinamik, uji toksikologi dan uji biofarmasetika.

  Anda berada di: Beranda - Informasi Obat - Cefixime Kapsul  
 
Aktivitas Pengunjung:
Pembaca men-share informasi obat Cefalexin di facebook 46 detik lalu.
? < >
    
Anggota? 

Lupa password?

Cefixime Kapsul
Rating: ♥♥♥. Direkomendasikan oleh 64 pembaca. Beri rekomendasi:
Cefixime Kapsul
Indikasi:
Cefixime diindikasikan untuk pengobatan infeksi-infeksi yang disebabkan oleh mikroorganisme yang rentan antara lain:
  • Infeksi saluran kemih tanpa komplikasi yang disebabkan oleh Escherichia coli dan Proteus mirabilis.

  • Otitis media disebabkan oleh Haemophilus influenzae (strain ?-laktamase positif) dan Streptococcus pyogenes.

  • Faringitis dan tonsilitis yang disebabkan oleh Streptococcus pyogenes.

  • Bronkitis akut dan bronkitis kronik dengan eksaserbasi akut yang disebabkan oleh Streptococcus pneumoniae dan Haemophilus influenzae (strain beta-laktamase positif dan negatif).


Kontra Indikasi:
Penderita dengan riwayat shock atau hipersensitif akibat beberapa bahan dari sediaan ini.

Komposisi:
Tiap kapsul CEFIXIME 50 mengandung:
Cefixime 50 mg

Tiap kapsul CEFIXIME 100 mengandung:
Cefixime 100 mg

Farmakologi:
Aktivitas antibakteri

Cefixime bersifat bakterisid dan berspektrum luas terhadap mikroorganisme gram positif dan gram negatif, seperti sefalosporin oral yang lain, cefixime mempunyai aktivitas yang poten terhadap mikroorganisme gram positif seperti streptococcus sp., Streptococcus pneumoniae, dan gram negatif seperti Branhamella catarrhalis, Escherichia coli, Proteus sp., Haemophilus influenzae.

Mekanisme kerjanya yaitu menghambat sintesis dinding sel. Cefixime memiliki afinitas tinggi terhadap “penicillin-binding-protein” (PBP) 1 (1a, 1b, dan 1c) dan 3, dengan tempat aktivitas yang bervariasi tergantung jenis organismenya.

Cefixime stabil terhadap ?-laktamase yang dihasilkan oleh beberapa organisme, dan mempunyai aktivitas yang baik terhadap organisme penghasil ?-laktamase.

Farmakokinetika:
Konsentrasi dalam serum.

Pemberian per oral dosis tunggal 50,100 atau 200 mg (potensi) cefixime pada orang dewasa sehat dalam keadaan puasa, kadar puncak serum dicapai setelah 4 jam pemberian yaitu masing-masing 0,69; 1,13; dan 1,95 ?g/ml. Waktu paruh serum adalah 2,3-2,5 jam. Pemberian per oral dosis tunggal 1,5; 3,0; atau 6,0 mg (potensi)/kg cefixime pada penderita pediatrik dengan fungsi ginjal normal, kadar puncak serum dicapai setelah 3-4 jam pemberian yaitu masing-masing 1,14; 2,01; dan 3,97 ?g/ml. Waktu paruh serum adalah 3,2-3,7 jam.

Distribusi (penetrasi ke dalam jaringan)
Penetrasi ke dalam sputum, tonsil, jaringan maxillary sinus mucosal, otorrhea, cairan empedu dan jaringan kandung empedu adalah baik.

Metabolisme
Tidak ditemukan adanya metabolit yang aktif sebagai antibakteri di dalam serum atau urin.

Eliminasi
Cefixime terutama diekskresikan melalui ginjal. Jumlah ekskresi urin (sampai 12 jam) setelah pemberian oral 50,100 atau 200 mg (potensi) pada orang dewasa sehat dalam keadaan puasa kurang lebih 20-25% dari dosis yang diberikan. Kadar puncak urin masing-masing 42,9; 62,2 dan 82,7 ?g/ml dicapai dalam 4-6 jam setelah pemberian. Jumlah ekskresi urin (sampai 12 jam) setelah pemberian oral 1,5; 3,0; atau 6,0 mg (potensi)/kgBB pada penderita pediatrik dengan fungsi ginjal yang normal kurang lebih 13-20%.

Dosis:

Dewasa dan anak-anak dengan berat badan ?30 kg, dosis harian yang direkomendasikan adalah 50-100 mg (potensi) cefixime diberikan per oral dua kali sehari.

Dosis sebaiknya disesuaikan dengan usia penderita, berat badan dan keadaan penderita. Untuk infeksi yang berat dosis dapat ditingkatkan sampai 200 mg (potensi) diberikan dua kali sehari.

Pada kasus overdosis:

Lavage lambung bisa dilakukan bila tidak ada antidot yang spesifik. Cefixime tidak dikeluarkan dalam jumlah yang spesifik. Cefixime tidak dikeluarkan dalam jumlah yang signifikan dari sirkulasi dengan hemodialisis atau dialisis peritoneal.


Efek samping:
Shock
Perhatian yang cukup sebaiknya dilakukan karena gejala-gejala shock kadang-kadang bisa terjadi. Jika beberapa tanda atau gejala seperti perasaan tidak enak, rasa tidak enak pada rongga mulut, stridor, dizziness, defekasi yang tidak normal, tinnitus atau diaphoresis; maka pemakaian sediaan ini harus dihentikan.

Hipersensitivitas
Jika tanda-tanda reaksi hipersensitivitas seperti rash, urtikaria, eritema, pruritus atau demam maka pemakaian sediaan ini harus dihentikan dan sebaiknya dilakukan penanganan lain yang lebih tepat.

Hematologik
Granulositopenia atau eosinophilia jarang terjadi. Kadang-kadang thrombocytopenia dapat terjadi. Pemakaian sediaan ini sebaiknya dihentikan bila ditemukan adanya kelainan-kelainan ini.

Dilaporkan bahwa terjadi anemia hemolitik pada penggunaan preparat cefixime lainnya.

Hepatik
Jarang terjadi peningkatan GOT, GPT atau alkaline phosphatase.

Renal
Pemantauan fungsi ginjal secara periodik dianjurkan karena gangguan fungsi ginjal seperti insufisiensi ginjal kadang-kadang dapat terjadi. Bila ditemukan adanya kelainan-kelainan ini, hentikan pemakaian obat ini dan lakukan penanganan lain yang lebih tepat.

Saluran Cerna
Kadang-kadang terjadi kolitis seperti kolitis pseudomembranosa, yang ditunjukkan dengan adanya darah di dalam tinja. Nyeri lambung atau diare terus menerus memerlukan penanganan yang tepat, jarang terjadi muntah, diare, nyeri lambung, rasa tidak enak dalam lambung, heartburn atau anoreksia, nausea, rasa penuh dalam lambung atau konstipasi.

Pernafasan
Kadang-kadang terjadi pneumonia interstitial atau sindroma PIE, yang ditunjukkan dengan adanya gejala-gejala demam, batuk, dyspnea, foto rontgen thorax yang tidak normal dan eosinophilia, ini sebaiknya hentikan pengobatan dengan obat ini dan lakukan penanganan lain yang tepat seperti pemberian hormon adrenokortikal.

Perubahan flora bakterial
Jarang terjadi stomatitis atau kandidiasis.

Defisiensi vitamin
Jarang terjadi defisiensi vitamin K (seperti hipoprotrombinemia atau kecenderungan pendarahan) atau defisiensi grup vitamin B (seperti glositis, stomatitis, anoreksia atau neuritis).

Lain-lain
  • Jarang terjadi sakit kepala atau dizziness.

  • Pada penelitian terhadap anak tikus yang diberi 1.000 mg/kgBB.hari secara oral, dilaporkan adanya penurunan spermatogenesis.

Pengaruh terhadap tes laboratorium
  • Dapat terjadi hasil false positive pada penentuan kadar gula urin dengan menggunakan larutan Benedict, larutan Fehling dan Clinitest. Tetapi dengan tes-tape tidak terjadi false positive.

  • Dapat terjadi positive direct Coombs test.



Peringatan dan perhatian:
Perhatian umum
Hati-hati terhadap reaksi hipersensitif, karena reaksi-reaksi seperti shock dapat terjadi.
Sediaan ini sebaiknya jangan diberikan kepada penderita-penderita yang masih dapat diobati dengan antibiotika lain, jika perlu dapat diberikan dengan hati-hati. Penderita dengan riwayat hipersensitif terhadap bahan-bahan dalam sediaan ini atau dengan antibiotika cefixime lainnya.

Cefixime harus diberikan dengan hati-hati kepada penderita, antara lain sebagai berikut:
  • Penderita dengan riwayat hipersensitif terhadap penisilin.

  • Penderita dengan riwayat personal atau familial terhadap berbagai bentuk alergi seperti asma bronkial, rash, urtikaria.

  • Penderita dengan gangguan fungsi ginjal berat.

  • Penderita dengan nutrisi oral rendah, penderita yang sedang mendapatkan nutrisi parenteral, penderita lanjut usia atau penderita yang dalam keadaan lemah. Observasi perlu dilakukan dengan hati-hati pada penderita ini karena dapat terjadi defisiensi vitamin K.

  • Penggunaan selama kehamilan
    Keamanan pemakaian cefixime selama masa kehamilan belum terbukti. Sebaiknya sediaan ini hanya diberikan kepada penderita yang sedang hamil atau wanita yang hendak hamil, bila keuntungan terapetik lebih besar dibanding risiko yang terjadi.

  • Penggunaan pada wanita menyusui
    Belum diketahui apakah cefixime diekskresikan melalui air susu ibu. Sebaiknya tidak menyusui untuk sementara waktu selama pengobatan dengan obat ini.

  • Penggunaan pada bayi baru lahir atau bayi prematur
    Keamanan dan keefektifan penggunaan cefixime pada anak-anak dengan usia kurang dari 6 bulan belum dibuktikan (termasuk bayi baru lahir dan bayi prematur).

Penyimpanan:
Simpan pada suhu kamar 30 derajat C, terlindung dari cahaya.

HARUS DENGAN RESEP DOKTER

Jenis: Kapsul

Produsen: PT Dexa Medica




Share di Facebook
Bookmark: Google Digg Furl del.icio.us Reddit YahooMyWeb Simpy blogmarks Smarking

Ada 11 ulasan tentang "Cefixime Kapsul" dari konsumen. Posting ulasan Anda.  Baru!

apakah ini efek samping Cefixime?
Dari: rosmiati di batam, tanggal: Dec 9, 2014 17:15:37
Rating:♥♥♥
Positif:sakit tenggorokan dan batuk agak berkurang
Negatif:timbul alergi
Ulasan rosmiati tentang Cefixime Kapsul
  
saya perempuan usia 44 tahun, saya mengalami batuk hampir 2 minggu setelah 2 kali minum cefixime capsul 200 mg batuknya terasa agak berkurang tapi bangun tidur bibir terasa bengkak dan agak gatal, sy ingat dulu 25 tahun yang lalu pernah mengalami hal yang sama setelah

Bermanfaat: 0. Tidak bermanfaat: 2 | Apakah ulasan ini bermanfaat bagi Anda?
sakit flu menahun
Dari: GOEN di KAB PASER KALTIM, tanggal: Nov 26, 2014 18:58:12
Rating:♥♥♥♥
Positif:berkurang sakit trenggorokan baru saya minum dua kali 2x1
Negatif:belum ada
Ulasan GOEN tentang Cefixime Kapsul
  
saya minum cefixim 100 mg. resep dari spesialis tht buat sakit tenggorokan saya yang menahun disertai flu dan dahak di tenggorokan

Bermanfaat: 2. Tidak bermanfaat: 1 | Apakah ulasan ini bermanfaat bagi Anda?
cefiime
Dari: mujaimin di Danawarih balapulang tegal, tanggal: Jul 28, 2014 07:19:12
Rating:♥♥♥
Positif:untuk pengobatan sakit gigi
Negatif:saya tidak cocok perutnya tidak bersahabat
Ulasan mujaimin tentang Cefixime Kapsul
  
mudah2an sahabat pada cocok

Bermanfaat: 11. Tidak bermanfaat: 2 | Apakah ulasan ini bermanfaat bagi Anda?
dampak cefixime 200mg
Dari: agus nugroho di jakarta timur, tanggal: Jul 17, 2014 13:00:14
Rating:♥♥♥
Positif:tengorokan agak mendingan
Negatif:timbul demam dan batuk
Ulasan agus nugroho tentang Cefixime Kapsul
  
dok maaf saya ingin bertanya. saya mempunyai riwayat sakit radang tenggorokan.
saya memperiksakan diri di klinik di perusahaan saya.
saya di berikan resep obat cefixime 200mg, eflin, methylprednisolone dan


Bermanfaat: 21. Tidak bermanfaat: 2 | Apakah ulasan ini bermanfaat bagi Anda?
Manfaat cepat
Dari: H. Suwarto di Trenggalek, tanggal: Jul 15, 2014 23:51:09
Rating:♥♥♥
Positif:luka cepet mengering
Negatif:tidak ada
Ulasan H. Suwarto tentang Cefixime Kapsul
  
cefixime 100mg oral memang pas buat pengobatan post sirkumsitie.. dari dokter di berikan resep ini ternyata ampuh banget. bagaimana dok... rasional apa tidak pemakaian tersebut. trimakasih

Bermanfaat: 4. Tidak bermanfaat: 2 | Apakah ulasan ini bermanfaat bagi Anda?

1 2 3

Berikan Ulasan
Apakah Anda konsumen obat ini atau Anda ingin memberi ulasan?
Di sini Anda dapat membagi pengalaman Anda dengan pembaca yang lain, karena pembaca lain tentu sangat membutuhkan informasi dan pengalaman dari Anda.
Nama:
Email:
Asal:
Rate:
Subject:
Positif:
Negatif:
Ulasan:
Kode:
Tulis Kode:

Catatan dan Perhatian!
DechaCare.com hanya memberikan informasi sesuai dengan informasi-informasi yang tertera pada kemasan dan brosur obat. Informasi yang tersedia di DechaCare.com diambil dari berbagai sumber dan tidak dimaksudkan sebagai pengganti nasihat, saran, konsultasi ataupun kunjungan kepada dokter Anda. Kunjungi dokter Anda bila masalah kesehatan atau sakit Anda berlanjut.
DechaCare.com tidak bertanggung jawab atas segala dampak yang terjadi atas penggunaan/penyalahgunaan informasi-informasi yang disajikan dalam situs ini.

Ikuti DechaCare.com di

Obat Antibiotik Lainnya
 • Amoxicillin
 • Ampicillin 125 mg/5ml
 • Ampicillin 500 mg
 • Cefadroxil 500 mg
 • Cefixime Sirup
 •  Obat Antibiotik selengkapnya...
Produk PT Dexa Medica Lainnya
 •  Cefixime Sirup
 •  Ceftazidime
 •  Fludexin Sirup
 •  Glimipiride
 •  Gliquidone
 •  Produk PT Dexa Medica selengkapnya...
Info Obat yang Sering Dilihat
 • Ciprofloxacin 500 mg
 • Dexamethasone 0,5 mg
 • Asam Mefenamat
 • Cefadroxil 500 mg
 • Natur-E
 • TRAMADOL
 • Albothyl 10 ml
Info Obat Terbaru
 • Askorbat - Asam (Vitamin C)
 • Cefalexin
 • ANTASIDA
 • AMLODIPIN
 • AMIODARON
 • AMITRIPTILIN
 • KANAMISIN
Komentar Obat Terbaru
 •  IMBOOST Force: Imboos force
Dari Nizar, di Surabaya
(+) Baik untuk memperbaiki daya tahan tubuh saat sedang sakit
(-) Tidak boleh di konsumsi lebih dari 1 minggu karena bisa mengakibatkan menurunnya daya tahan tubuh
 •  IMBOOST Force: imboost force membantu mengurangi alergi
Dari elvira, di kota padang
(+) baru minum satu kali alergi disertai gatal2 hebat berkurang dibantu dengan obat resep dokter lainnya.
(-) pahit
 •  Cefixime Kapsul: apakah ini efek samping Cefixime?
Dari rosmiati, di batam
(+) sakit tenggorokan dan batuk agak berkurang
(-) timbul alergi
 •  Cefadroxil 500 mg: beda sakitnya beda obatnya
Dari Usman Rojali, di lampung
(+) tidak ditemukan
(-) tidak ditemukan
 •  IMBOOST Force: Menikmati Obat
Dari Ruli, di Kauman pekalongan
(+) Enak demut
(-) Mahil harganya
Paling Banyak Komentar
 • TRAMADOL
 • Zevit Grow
 • Natur-E
 • Ciprofloxacin 500 mg
 • Dexamethasone 0,5 mg
 • Medi-Klin TR


 
 
Copyright © 2014 www.DechaCare.com. All rights reserved.  
Aktivitasku...
Aktivitasku...
  • Refresh