Daging Merah Meningkatkan Risiko Kanker Payudara

Pola Hidup 0 7.341

Wanita muda yang rutin makan daging merah tampaknya akan memiliki risiko lebih tinggi terjadinya kanker payudara, dilaporkan oleh Harvard Study of Women's Health.

Penelitian dilakukan terhadap lebih dari 90.000 wanita. Para ahli tersebut mengatakan bahwa wanita yang banyak mengkonsumsi daging merah saat mereka berusia 20, 30 dan 40 tahun, lebih besar berisiko mengalami kanker payudara pada 12 tahun kedepan. Para ahli tersebut mengatakan bahwa mereka yang rutin makan daging merah dua kali lebih berisiko dibandingkan mereka yang jarang makan daging merah.

Penelitian tersebut dipublikasikan 13 November 2006 dalam Archives of Internal Medicine, dimana untuk pertama kalinya mempelajari hubungan antara mengkonsumsi daging merah dan terjadinya kanker payudara pada wanita premenopause, dan untuk pertama kalinya dipelajari tentang berbagai tipe dari kanker payudara.

Meski demikian, para ahli tersebut masih membutuhkan informasi yang lebih lengkap tentang hubungan dari kondisi tersebut. Mereka mengatakan temuan ini diharapkan dapat menjadi motivasi untuk membatasi mengkonsumsi daging merah, karena diketahui pula daging merah juga berisiko tinggi sebabkan terjadinya kanker usus (kanker kolon).

Eunyoung Cho, seorang profesor dari Harvard Medical School dan timnya melakukan penelitian terhadap 90.659 wanita usia 26 hingga 46 tahun. Dengan periode yang cukup lama mereka mempelajari kesehatan wanita tersebut. Secara lengkap mereka memantau kebiasaan makan partisipan tersebut selama 4 tahun.

Para ahli tersebut menganalisis apakah mengkonsumsi daging merah berhubungan dengan meningkatnya risiko kanker payudara, dari tahun 1991 hingga 2003. Hasilnya mereka tidak menemukan hubungan yang yang bermakna. Tetapi saat mereka meneliti 512 wanita yang menderita kanker payudara akibat pengaruh hormon estrogen dan progesteron, hasilnya diperoleh hubungan antara keduanya.

Mereka yang makan lebih dari 1,5 porsi daging merah perhari, tampaknya dua kali berisiko lebih tinggi menderita kanker payudara dengan reseptor hormon yang positif dibandingkan dengan mereka yang makan daging merah kurang dari tiga porsi dalam seminggu. Satu porsi setara dengan makan satu hamburger atau hotdog.

Terlalu banyak faktor risiko yang menyebabkan terjadinya kanker payudara, Nancy E. Davidson, seorang ahli kanker payudara dari Johns Hopkins University, Baltimore mengatakan. Hal ini menunjukkan bahwa ada sesuatu pada wanita yang dapat mengalami perubahan, berbagai macam dapat menimbulkan risiko.

Untuk daging merah sebabkan kanker payudara, tidak diketahui mengapa, namun para ahli sebelumnya meneliti dan menemukan beberapa kesimpulan yang mungkin menjadi penyebabnya, suatu substansi diproduksi saat daging tersebut dimasak kemungkinan bersifat karsinogenik, secara alami substansi tersebut mempengaruhi kerja dari hormon, atau makanan sapi diberi hormon supaya tumbuh besar dan gemuk, hormon tersebut menjadi pemicu terjadinya kanker payudara bila dikonsumsi oleh wanita.

Mengatur gaya hidup termasuk mengatur diet sangat penting diusia muda, karena kebiasaan saat muda menentukan kehidupan dimasa mendatang, Carolina Hinestrosa dari National Breast Cancer Coalition menyebutkan.

Tag:

Info Kesehatan Terkait

0 Komentar

  1. Belum ada komentar. Berikan komentar Anda terhadap Daging Merah Meningkatkan Risiko Kanker Payudara

Beri Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi ditandai *



Informasi yang tersedia di DechaCare.com diambil dari berbagai sumber dan tidak dimaksudkan sebagai pengganti nasihat, saran, konsultasi ataupun kunjungan kepada dokter Anda. Kunjungi dokter Anda bila masalah kesehatan atau sakit Anda berlanjut. DechaCare.com tidak bertanggung jawab atas segala dampak yang terjadi atas penggunaan/penyalahgunaan informasi yang disajikan.

Berlangganan Informasi

Dapatkan informasi kesehatan dan informasi obat terupdate dengan mendaftarkan email Anda.


Copyright © 2015 DechaCare.com

Back to Top