Dexamethasone 0,75 mg
7 217.607

Dexamethasone 0,75 mg

Tablet
PT Harsen
Obat Analgetik
Beri rekomendasi

Indikasi:
Dexamethasone Harsen adalah obat anti inflamasi dan anti alergi yang sangat kuat. Sebagai perbandingan Dexamethasone 0.75 mg setara obat sbb: 25 mg Cortisone, 20 mg hydrocortisone, 5 mg prednisone, 5 mg prednisolone.

Kontra Indikasi:
- Dexamethasone Harsen tidak boleh diberikan pada penderita herpes simplex pada mata; tuberkulose aktif, peptio ulcer aktif atau psikosis kecuali dapat menguntungkan penderita. - Jangan diberikan pada wanita hamil karena akan terjadi hypoadrenalism pada bayi yang dikandungnya atau diberikan dengan dosis yang serendah-rendahnya.

Komposisi:
Tiap tablet Dexamethasone Harsen mengandung:
a. Dexamethasone ................. 0.5 mg.
b. Dexamethasone ................. 0.75 mg.
Tiap ml injeksi Dexamethasone Harsen mengandung:
Dexamethasone Sodium phosphat ..... 5 mg.

Uraian dan Penggunaan:
Dexamethasone Harsen adalah obat anti inflamasi dan anti alergi yang sangat kuat. Sebagai perbandingan Dexamethasone 0.75 mg setara obat sbb: 25 mg Cortisone, 20 mg hydrocortisone, 5 mg prednisone, 5 mg prednisolone.
Dexamethasone Harsen praktis tidak mempunyai aktivitas mineral conticoid dari cortisone dan hydrocortisone, sehingga pengobatan untuk kekurangan adrenocotical tidak berguna.
Obat ini digunakan sebagai glucocorticoid khususnya: untuk anti inflamasi, pengobatan rheumatik arthritis dan penyakit colagen lainnya, alergi dermatitis dll, penyakit kulit, penyakit inflamasi pada masa dan kondisi lain dimana terapi glukocorticoid berguna lebih menguntungkan seperti penyakit leukemia tertentu dan lymphomas dan inflamasi pada jaringan lunak dan anemia hemolytica.

Efek Samping:
- Pengobatan yang berkepanjangan dapat mengakibatkan efek katabolik steroid seperti kehabisan protein, osteoporosis dan penghambatan pertumbuhan anak.
- Penimbunan garam, air dan kehilangan potassium jarang terjadi bila dibandingkan dengan beberapa glucocorticoid lainnya.
- Penambahan nafsu makan dan berat badan lebih sering terjadi.

Dosis:
Dewasa:
Oral: 0.5 mg - 10 mg per hari
(rata-rata 1.5 mg - 3 mg per hari)
Parenteral: 5 mg - 40 mg per hari
Untuk keadaan yang darurat diberikan intra vena atau intra muskular.
Anak-anak: 0.08 mg - 0.3 mg/kg berat badan/perhari dibagi dalam 3 atau 4 dosis.

Perhatian:
- Kekurangan adrenocotical sekunder yang disebabkan oleh pengobatan dapat dikurangi dengan mengurangi dosis secara bertahap.
- Ada penambahan efek Corticosteroid pada penderita dengan hypothyroidism dan chirrhosis.

HARUS DENGAN RESEP DOKTER

Obat Terkait

7 Komentar

  1. menghilangkan ketergantungan si dexa Nov 3, 2013 13:21:16 oleh alan dermawan di bogor
    Bermanfaat: 106 / Tidak bermanfaat: 37

    Kelebihan: membantu dalam kebugaran tubuh, hingga kerja menjadi fit,

    Kekurangan: efeck samping yang merusak tubuuh

    saya mengonsumsi si dexa satu hari hampir 1papan, saya memakainya lumayan lamaa,..

    Apakah komentar ini bermanfaat bagi Anda?
  2. Sep 24, 2013 02:15:04 oleh dewi indriani di palu
    Bermanfaat: 85 / Tidak bermanfaat: 31

    Kelebihan: menaikkan berat badan

    Kekurangan: mengantuk,sering mual

    saya dewi umur 23 tahun,,sebelum mengkonsumsi dexa,saya mengonsumsi kianpi..tapi karena efek sampingnya saya pun berhenti menggunakannya....2 bulan terahir saya mengonsumsi dexa tablet..alhasil berat badan saya bertambah...tapi karena takut akan efek sampingnya,saya pun berhenti menggunakannya,seminggu sudah saya tidak meminumnya,badan saya terasa lemas,berat badan saya turun,dan sering mual-mual.....ada gak ya obat penambah berat badan yang alami tanpa efek samping??

    Apakah komentar ini bermanfaat bagi Anda?
  3. konsumsi jangka panjang Aug 31, 2013 08:28:58 oleh kiki di kendari
    Bermanfaat: 105 / Tidak bermanfaat: 30

    Kelebihan: mengatasi alergi

    Kekurangan: tidak bisa dihentikan

    saya adalah pengguna dexamethasone yang mungkin tergolong sangat lama, yaitu 17 tahun. saat itu saya masih berusia 13 tahun. dan saya mengalami alergi seperti bersin-bersin di pagi maupun malam hari. terlebih lagi di tengah tengah tidur, saya sering mengalami sesak nafas. dan tidak jarang orang tua saya membawa saya ke UGD untuk nebulizer (oksigen). dan tidak ada diagnosa dokter yang serius kala itu, dan saya hanya diberi aminophiline dan dextamine. setelah saya konsumsi, badan saya langsung membaik. dan saya pun terus menerus mengkonsumsinya. pernah saya coba untuk menghentikan, hasilnya saya kembali bersin-bersin dan sesak nafas yang saya alami justru lebih parah. dan jika saya tidak minum dexa selama lebih dari 2 hari, maka badan saya akan muncul bintik-bintik merah sampai ke wajah. dan jika saya minum dexa lagi, bintik-bintik itu kemudian hilang secara berangsur-angsur.
    HIngga saat ini saya belum berani berkeluarga. takutnya nanti hanya akan mengecewakan keluarga saya karena ketergantungan dexa ini. mohon informasi dan bantuannya, bagaimana cara saya agar dapat berhenti menggunakan dexa?

    Apakah komentar ini bermanfaat bagi Anda?
  4. Dexa bermanfaat bagiku May 23, 2013 19:54:52 oleh Brafox di papua
    Bermanfaat: 48 / Tidak bermanfaat: 27

    Kelebihan: dgn konsumsi dexa m batuk yg selalu mengarah ke sesak akhirnya dapat redah. Tapi apakah ini sudah tepat atau tidak

    Kekurangan: memang benar terjadi kenaikan berat badan

    Saya pernah diberikan obat Dexa Metazone oleh seorang dokter di papua, ketika itu saya alergi karena makan tapi dampak dari alergi itu membuat saya batuk dan sesak. Tapi dokter memberi obat Dexa dengan dikombinasi obat Neiret akhirnya alergi dan sesak itu hilang setelah mengkonsumsi obat /- 15 menit. Jadi memang sangat membantu sekali.

    Apakah komentar ini bermanfaat bagi Anda?
  5. arman di makassar..efek samping dexa.. Aug 1, 2012 03:45:11 oleh arman di makassar
    Bermanfaat: 87 / Tidak bermanfaat: 94

    Kelebihan: efek cepat di rasakan

    Kekurangan: salah sasaran.

    setelah saya makan dexa m. kontol saya serasa membesar. saya hanya konsumsi 1 papan saja. Awalnya nafsu makan tinggi dan berat badan naik 5 kg, tp tat terasa kontoll saya ikut membesar dan terkadang mani saya keluar tanpa saya sadari...
    terima kasih.

    Apakah komentar ini bermanfaat bagi Anda?
12

Beri Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi ditandai *



Informasi yang tersedia di DechaCare.com diambil dari berbagai sumber dan tidak dimaksudkan sebagai pengganti nasihat, saran, konsultasi ataupun kunjungan kepada dokter Anda. Kunjungi dokter Anda bila masalah kesehatan atau sakit Anda berlanjut. DechaCare.com tidak bertanggung jawab atas segala dampak yang terjadi atas penggunaan/penyalahgunaan informasi yang disajikan.

Berlangganan Informasi

Dapatkan informasi kesehatan dan informasi obat terupdate dengan mendaftarkan email Anda.


Copyright © 2015 DechaCare.com

Back to Top