Enam Cara Tahan Nafsu Makan

Tips 0 12.916

Kita cenderung menyamakan nafsu makan seperti indikator bahan bakar di dashboard mobil kita.

Indikator yang menunjukkan kalau bahan bakar sudah menipis sehingga kita harus berhenti untuk mengisinya lagi. Lebih baik sebelumnya kita bahas dulu tentang mekanisme terjadinya 'lapar' yang mana berbeda dari 'nafsu makan'.

'Lapar' adalah rangsangan biologis untuk memastikan anda cukup makan, sedangkan para peneliti mengatakan bahwa nafsu makan lebih ke arah pilihan yang kita buat berdasarkan keinginan yang lebih dikendalikan.

Nafsu makan adalah suatu kumpulan yang komplek dari reaksi kimia tubuh, kebiasaan, perilaku sosial dan kondisi psikis yang begitu terkenal susah dikendalikan.

Tetapi bukan berarti tidak mungkin untuk menahannya, khususnya setelah para ilmuwan dan ahli terapi meneliti secara khusus kekuatan dari nafsu makan dan bagaimana menguranginya.
Berikut beberapa tips kunci untuk memonitor dan mengurangi nafsu makan anda:

- Tanya diri anda kenapa
Untuk kebanyakan orang, makanan bukanlah menjadi alasan untuk menaikkan bobot tubuh tapi lebih ke arah hanya sekedar di antara menguyah dan menyamil. Para ahli menekankan tipe makan seperti ini tidak berhubungan dengan rasa lapar. Berlaku pula pada saat bosan atau stres atau rutinitas sehari-hari. Ada satu penangkal yang sederhana: tanya diri anda sendiri secara jujur, untuk apa anda memasukkan makanan dalam mulut. Jika rasa lapar bukan alasan utamanya, segera hentikan.

- Cari alternatif lain
Jika banyak makan itu akibat bosan, stres dan rutinitas. Apa yang harus dilakukan ketika bosan, stres atau butuh suatu rutinitas? Jawabannya mudah: jalan-jalan, nyalakan musik, telpon teman anda, baca majalah favorit. Apa saja yang memberi anda kesenangan dan relaksasi. Jika anda bisa menciptakan satu rutinitas baru untuk menghadapi hari demi hari tetapi tanpa melibatkan makanan, ini sudah merupakan suatu langkah tepat untuk mengurangi berat badan.

- Nyalakan lampu
Ketika anda masuk dalam dapur di malam hari, nyalakan semua lampu yang ada. Irvine, seorang peneliti dari "University of California" mengatakan anda akan merasa berada dalam sorotan kalau diterangi banyak lampu. Perasaan berada dalam sorotan ini membuat anda punya kesadaran tambahan dan tidak akan sembarangan melakukan perbuatan yang tidak perlu, seperti melahap es krim misalnya.

- Pergi ke toko lilin
Lain kali anda ingin menyamil, nyalakan lilin bearoma. Penelitian menunjukkan aroma tertentu dapat menahan nafsu makan. Aroma yang berguna dengan baik untuk ini yaitu apel, peppermint dan pisang.

- Tekan nafsu makan
Anda tidak akan menemukan saran ini di perpustakaan obat-obatan nasional, tetapi ketika anda merasa tidak berdaya melawan nafsu makan anda, coba cubit area kecil dari tulang rawan, tempat dimana rahang anda menempel tepat di bawah telinga, yang mana beberapa ahli akunpuktur mengatakan kalau itu adalah titik pengendalian nafsu makan. Lakukan ini selama setengah menit.

- Makan makanan yang cepat mengenyangkan
Untuk makan lebih sedikit waktu makan dan menyamil, pilihlah makanan yang memiliki tingkat kekenyangan tinggi, yang mana berarti lebih mengenyangkan dibanding makanan lain. Anehnya meski makanan berlemak itu enak dan membuat anda kenyang, mereka tidak memiliki nilai tinggi dalam skala mengenyangkan karena kita cenderung ingin terus makan lagi. Beberapa makanan yang mengenyangkan yaitu: popcorn, selai kacang, kentang, pasta coklat, kacang hijau matang, anggur dan jeruk.

Tag:

Info Kesehatan Terkait

0 Komentar

  1. Belum ada komentar. Berikan komentar Anda terhadap Enam Cara Tahan Nafsu Makan

Beri Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi ditandai *



Informasi yang tersedia di DechaCare.com diambil dari berbagai sumber dan tidak dimaksudkan sebagai pengganti nasihat, saran, konsultasi ataupun kunjungan kepada dokter Anda. Kunjungi dokter Anda bila masalah kesehatan atau sakit Anda berlanjut. DechaCare.com tidak bertanggung jawab atas segala dampak yang terjadi atas penggunaan/penyalahgunaan informasi yang disajikan.

Berlangganan Informasi

Dapatkan informasi kesehatan dan informasi obat terupdate dengan mendaftarkan email Anda.


Copyright © 2015 DechaCare.com

Back to Top