berkenalan.com tempat membuat dan bertukar kartu nama online
dechacare.com dechacare.com

SHORTCUTS!!
 •  Informasi Seks
 •  Kirim Informasi
 •  Index Informasi
 •  Kalender Kesehatan
 •  Forum Kesehatan
 •  Humor Kesehatan
 •  Kirim Humor
 •  Daftarkan Link
 •  FAQ
• 

Darah Tinggi atau Hipertensi (Hypertension) adalah suatu keadaan di mana seseorang mengalami peningkatan tekanan darah di atas normal yang ditunjukkan oleh angka systolic (bagian atas) dan angka bawah (diastolic) pada pemeriksaan tensi darah menggunakan alat pengukur tekanan darah baik yang berupa cuff air raksa (sphygmomanometer) ataupun alat digital lainnya.

  Anda berada di: Beranda - Informasi Kesehatan - Hati-Hati Gangguan Haid Pada Wanita  
 
Aktivitas Pengunjung:
Pembaca men-share informasi Cara Cegah Sakit Punggung di twitter 16 menit lalu.
? < >
   
Anggota? 

Lupa password?

Hati-Hati Gangguan Haid Pada Wanita
Label: haid, menstruasi. Dibaca: 268247 kali. Facebook Share: 235.Twitter Share: 58. Rating: ♥♥♥

Gangguan haid seringkali terjadi pada sebagian wanita. Haid bisa datang dua kali dalam sebulan, namun di bulan-bulan berikutnya tidak haid.Dapat juga haid normal namun menderita sakit yang luar biasa. Padahal seharusnya haid datang tanpa mengganggu.

Haid adalah darah kotor dan selaput lendir rongga rahim yang terlepas dengan sendirinya akibat perubahan kadar hormon estrogen dan progesterone, yang akan keluar dari rahim melalui liang vagina. Selaput lendir yang lepas tersebut akan diubah oleh zat yang terkandung di dalamnya menjadi lendir. Pembuluh darah di bagian dasarpun akan terkelupas sehingga terbuka, dan darah mengalir ke luar. Kadang-kadang karena sesuatu, selaput lendir belum sempurna menjadi lendir karena misalnya selaput lendir yang terlalu tebal, sehingga darah haid yang keluar akan bergumpal-gumpal. Setelah haid selesai, akan tumbuh selaput lendir baru yang akan terus berkembang hingga mencapai tingkat ketebalan tertentu. Haid akan berlangsung selama beberapa hari, berhenti selama beberapa minggu, dan kembali lagi seterusnya sampai wanita mengalami menopause.

Siklus haid yang normal adalah jika seorang wanita memiliki jarak haid yang setiap bulannya relatif tetap yaitu selama 28 hari. Jika meleset pun, perbedaan waktunya juga tidak terlalu jauh berbeda, tetap pada kisaran 20 hingga 35 hari , dihitung dari hari pertama haid sampai bulan beriutnya. Lama haid dilihat dari dasah keluar sampai bersih, antara 2 10 hari. Darah yang keluar dalam waktu sehari belum dapat dikatakan sebagai haid. Namun bila telah lebih dari 10 hari, dapat dikategorikan sebagai ganguan. Jumlah darah haid yang lkeluar perhari adlah 60 80 cc, atau tidak lebih dari 5 pembalut yang terisi penuh.

Ketidakteraturan siklus haid disebabkan karena gangguan hormon dalam tubuh. Atau bisa juga terjadi karena penyakit di dalam organ reproduksi, contohnya tumor rahim, tumor di indung telur. Selain itu gangguan haid disebabkan juga karena faktor lainnya seperti stres, kelelahan,dan penggunaan kontrasepsi.

Tingkat kesuburan seorang wanita dapat dilihat dari ada tidaknya produksi sel telur dalam tubuh. Seorang wanita dikatakan subur jika ia mampu memproduksi sel telur sebulan sekali, mematangkan telur, dan mengeluarkan telur yang masih setengah matang dari indung telur. Pematangan sel telur dan keluarnya sel telur dari indungnya merupakan kerjasama dari otak, indung telur, dan kelenjar buntu di otak yang disebut sebagai hipofisis. Hipofisis mengeluarkan hormone gonadoptropin yang terdiri dari hormon FSH (follicle stimulating hormone) dan LH (luteinizing hormone). Hormon FSH memiliki fungsi mempercepat pematangan telur, sedangkan LH menyempurnakan proses pematangan telur hingga dapat mendekati permukaan indung telur untuk dilepas. Jika tidak terjadi pembuahan dalam waktu 24 jam, sel telur ini akan mati.

Setiap gangguan pada hormon FSH dan LH tidak akan menyebabkan terbentuknya sel telur. Jika demikian, hormon estrogen dan progesteron juga tidak akan terbentuk sebagaimana seperti seharusnya.

Siklus haid yang tidak teratur kebanyakan terjadi akibat faktor hormonal. Seorang wanita yang memiliki hormon estrogen dan progesterone secara berlebihan memungkinkan terjadinya haid dalam waktu yang lebih cepat. Jika gangguan haid dikarenakan oleh faktor hormonal, maka dapat dipastikan wanita tersebut mengalami gangguan kesuburan. Dan dapat diatasi dengan suntikan untuk mempercepat pematangan sel telur.

Label: haid, menstruasi. Dibaca: 268247 kali. Facebook Share: 235.Twitter Share: 58. Rating: ♥♥♥




Informasi Kesehatan Terkait:

Share di Facebook Kirim ke Teman
  Google Digg Furl del.icio.us Reddit YahooMyWeb Simpy blogmarks Smarking
Disclaimers
Beri rating:

Kirim Informasi Kesehatan Ke Teman
Apakah Anda ingin berbagi Informasi Kesehatan ini dengan teman Anda?
Silakan tulis pesan Anda pada kolom berikut ini (gunakan tanda koma [,] untuk mengirim ke lebih dari satu teman pada bagian Nama dan Email teman).
Nama Anda:
Email Anda:
Nama Teman:
Email Teman:

Tuliskan pesan Anda pada kolom berikut:
Kode:
Tulis Kode:

Ada 23 komentar untuk informasi kesehatan ini. Posting komentar Anda.

Oleh: yuliani, tanggal: 2014-11-17 22:41:34
Dok sy mau tany usia sy 28th udah pny ank 3dan br2 ini anak sy ke 3lahir Dan udah berumur 5bln sy hny bln ini dok haid 2x biasany cm 1x pdhl sy udah biasa pakai pil kb microginon dok apakah ini berbahaya dok....

Bermanfaat: 1. Tidak bermanfaat: 0 | Apakah komentar ini bermanfaat bagi Anda?
Oleh: astrid, tanggal: 2014-10-29 03:13:47
sore , saya mau tanya . saya kan masih berumur 19 tahun saya mengalami haid kurang lebih sudah 1 bulan . tetapi darahnya tidak keluar banyak apakah itu berbahaya tolong penjelasannya ya .. thanks

Bermanfaat: 2. Tidak bermanfaat: 1 | Apakah komentar ini bermanfaat bagi Anda?
Oleh: ayu anjani, tanggal: 2014-10-23 07:05:44
saya sudah menikah 3tahun tapi blm dikaruniai anak padahal saya belum pernah menggunakan kb,setiap haid saya selalu merasakan sakit yang berlebihan dan itu terjadi dari saya masih perawan sampai skrng,darah haid yang banyak sampai harus memakai pembalut 2 dan rasa nyeri yang berlebihan serta setiap haid teratur selalu 7 hari tapi siklusnya yang hanya mencapai 17-20 hari sja membuat saya takut tidak bisa memberikan keturunan untuk suami sya..penyakit apa yang sya alami?mhon jawabannya

Bermanfaat: 3. Tidak bermanfaat: 0 | Apakah komentar ini bermanfaat bagi Anda?
Oleh: herlina, tanggal: 2014-02-27 06:43:07
kenapa saya sering mengalami menstruasi sebulan 2x dan jeda 9/lebih menstruasi datang kembali dan hampir 5 thn saya menikah belum juga di karuniai anak adakah hubunganya dengan menstruasi saya mohon share nya ya bun

Bermanfaat: 21. Tidak bermanfaat: 2 | Apakah komentar ini bermanfaat bagi Anda?
Oleh: Cisca, tanggal: 2013-12-19 03:23:08
saya gadis berusia 16 tahun tanggal 30/11/2013-5/12/2013

Bermanfaat: 4. Tidak bermanfaat: 3 | Apakah komentar ini bermanfaat bagi Anda?

1 2 3 4 5 >> 

Berikan Komentar
Apa komentar Anda terhadap Informasi Kesehatan ini?
Di sini Anda dapat membagi komentar Anda dengan pembaca yang lain, pengalaman atau tanggapan Anda terhadap Informasi Kesehatan ini bisa menjadi bahan diskusi bersama pembaca yang lain.
Nama:
Email:

Tulis komentar Anda pada kolom berikut:
Kode:
Tulis Kode:

RSS Feed Info Kesehatan


Tips Kesehatan
.Yang Perlu Diperhatikan Jika Ingin Diet Detoks
.Banyak Orang Tak Sadar Dirinya Menderita Diabetes
.Lima Manfaat Sarapan Oatmeal
Berita Keluarga
.Selain Telat Menstruasi, Ini 5 Sinyal Wanita Sedang Berbadan Dua
.Garam Tak Sebabkan Hipertensi?
.Profil Menteri Kesehatan Nila Djuwita Moeloek
Pola Hidup
.Intip Perubahan Payudara Wanita Berdasarkan Fase Usia
.Apa yang Diinginkan Wanita? Uang, Seks, atau Teknologi
.Termasuk Tipe Penidur yang Manakah Anda?
Anak dan Balita
.Awas, Minuman Energi Berbahaya bagi Anak
.Ini Tanda Orangtua Tak Dekat dengan Sang Buah Hati
.Studi: Antibiotik Berhubungan dengan Obesitas Anak
Berita Seks
.Agar Tak Impotensi, Cukupi Vitamin D
.Serba-serbi Orgasme yang Perlu Diketahui oleh Wanita
.Bercinta Memang Bikin Bahagia

 
 
Copyright © 2014 www.DechaCare.com. All rights reserved.  
Aktivitasku...
Aktivitasku...
  • Refresh