Kurangi Gangguan Saat Gigi Anak Tumbuh

Anak Dan Balita 0 4.688

Pertumbuhan gigi anak dimulai pada usia 6-8 bulan. Hanya saja, gigi yang baru tumbuh itu ada kalanya diiringi gejala lain, membuat proses tersebut menjadi kurang menyenangkan bagi anak.

Umumnya, saat gigi tumbuh, anak menjadi sukar tidur. Kadang malah timbul gejala demam, mual, atau diare. Adakalanya muncul rasa gatal pada gusi berakibat anak suka memasukkan benda apa pun ke dalam mulutnya.

Belum lagi bila gusinya membengkak. Anak bisa rewel dan bahkan kehilangan nafsu makan atau minum. Di saat gangguan ini muncul, orangtua dapat melakukan cara-cara seperti disarankan Prof. Melanie Sadono Djamil, seperti dikutip dari bukunya, "Ke Dokter Gigi? Siapa Takut!"

1. Alihkan perhatian anak. Berikan benda yang mudah digigit, sesuatu yang keras atau dingin.  Benda dingin dapat membantu menghilangkan rasa tak nyaman. Sementara mengunyah benda keras akan membantu mempercepat erupsi atau tumbuhnya gigi.

2. Oleskan jel atau salep yang dapat memberi rasa kebal setempat dan dapat mengurangi rasa tidak nyaman. Kondisi itu akan membantu saat anak akan makan.

3. Lakukan pemijatan gusi anak dengan jari bersih. Cara ini bertujuan mengurangi rasa sakit.

4. Pemberian biskuit bukanlah pilihan tepat. Kandungan gula dalam biskuit bisa mengakibatkan karies atau kerusakan gigi, terutama jika sudah ada gigi yang tumbuh terlebih dahulu.

Tag:

gigi  salep  gusi  biskuit  

Info Kesehatan Terkait

0 Komentar

  1. Belum ada komentar. Berikan komentar Anda terhadap Kurangi Gangguan Saat Gigi Anak Tumbuh

Beri Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi ditandai *



Informasi yang tersedia di DechaCare.com diambil dari berbagai sumber dan tidak dimaksudkan sebagai pengganti nasihat, saran, konsultasi ataupun kunjungan kepada dokter Anda. Kunjungi dokter Anda bila masalah kesehatan atau sakit Anda berlanjut. DechaCare.com tidak bertanggung jawab atas segala dampak yang terjadi atas penggunaan/penyalahgunaan informasi yang disajikan.

Berlangganan Informasi

Dapatkan informasi kesehatan dan informasi obat terupdate dengan mendaftarkan email Anda.


Copyright © 2015 DechaCare.com

Back to Top