dechacare.com dechacare.com

SHORTCUTS!!
 •  Informasi Seks
 •  Kirim Informasi
 •  Index Informasi
 •  Kalender Kesehatan
 •  Forum Kesehatan
 •  Humor Kesehatan
 •  Kirim Humor
 •  Daftarkan Link
 •  FAQ
• 

Farmakokinetika
Farmakokinetika - apa yang terjadi pada obat ketika berada di dalam tubuh. Hal ini akan menentukan tingkatan dosis obat.
* Penyerapan dan bioavailabilitas
* Penyebaran (dipengaruhi oleh protein pengikat)
* Metabolisme dan eliminasi


  Anda berada di: Beranda - Informasi Obat - METFORMIN  
 
Aktivitas Pengunjung:
Pembaca men-share informasi 3 Fakta Menarik Orgasme Wanita di twitter 2 jam lalu.
? < >
    
Anggota? 

Lupa password?

METFORMIN
Rating: ♥♥♥. Direkomendasikan oleh 58 pembaca. Beri rekomendasi:
METFORMIN
Indikasi:
- Pengobatan penderita diabetes yang baru terdiagnosis setelah dewasa, dengan atau tanpa kelebihan berat badan dan bila diet tidak berhasil.
- Sebagai kombinasi terapi pada penderita yang tidak responsif therhadap terapi tunggal sulfonilurea baik primer ataupun sekunder.
- Sebagai obat pembantu untuk mengurangi dosis insulin apabila dibutuhkan.

Kontra Indikasi:
Penderita kardiovaskular, gagal ginjal, gagal hati, dehidrasi dan peminum alkohol, koma diabetik, ketoasidosis, infark miokardial, keadaan penyakit kronik akut yang berkaitan dengan hipoksia jaringan, keadaan yang berhubungan dengan asidosis laktat seprti syok, insufisiensi pulmonar, riwayat asidosis laktat.

Komposisi:
METFORMIN 500
Tiap tablet salut selaput mengandung:
Metformin HCL ....................................... 500 mg

METFORMIN 850
Tiap tablet salut selaput mengandung:
Metformin HCL ....................................... 850 mg

Farmakologi:
Metformin adalah zat antihiperglikemik oral golongan biguanid untuk penderita diabetes militus tanpa ketergantungan terhadap insulin. Mekanisme kerja metformin yang tepat tidak jelas, walaupun demikian metformin dapat memperbaiki sensitivitas hepatik dan periferal terhadap insulin tanpa menstimulasi sekresi insulin serta menurunkan absorpsi glukosa dari saluran lambung-usus. Metformin hanya mengurangi kadar glukosa darah dalam keadaan hiperglikemia serta tidak menyebabkan hipoglikemia bila diberikan sebagai obat tunggal. Metformin tidak menyebabkan pertambahan berat badan bahkan cendrung dapat menyebabkan kehilangan berat badan.

Dosis:
Metformin harus diberikan bersama dengan makanan atau sesudah makan dalam dosis yang terbagi.
Tablet 500 mg
Dosis: 3 x sehari 1 tablet
Tablet 850 mg
Dosis awal: 1 x sehari 1 tablet (pagi)
Dosis pemeliharaan: 2 x sehari 1 tablet (pagi dan malam)

Catatan:
Dalam pengobatan kombinasi dengan sulfonilurea atau insulin, kadar gula darah harus diperiksa, mengingat kemungkinan timbulnya hipoglikimea.
- Dosis harus diperbesar secara perlahan-lahan, satu tablet 500 mg 3 kali sehari atau satu tablet 850 mg 2 kali sehari seringkali cukup untuk mengendalikan penyakit diabetes. Hal ini dapat dicapai dalam beberapa hari, tetapi tidak jarang efek ini baru dicapainya dalam waktu dua minggu. Apabila efek yang diinginkan tidak dicapai, dosis dapat dinaikkan secara berhati-hati sampai maksimum 3 g sehari. Bila diperlukan tablet 850 mg dapat diberikan 3 kali sehari. Bila gejala diabetes telah dapat dikontrol, ada kemungkinan dosis dapat diturunkan.
- Apabila dikombinasikan dengan pengobatan sulfonilurea yang hasilnya kurang memadai, mula-mula diberikan satu tablet 500 mg, kemudian dosis metformin dinaikkan perlahan-lahan sampai diperoleh kontrol maksimal. Seringkali dosis sulfonilurea dapat dilanjutkan dengan metformin sebagai obat tunggal.
- Apabila diberikan bersama dengan insulin dapat diikuti petunjuk ini:
a. Bila dosis insulin kurang dari 60 unit sehari, mula-mula diberikan 1 tablet metformin 500 mg, kemudian dosis insulin dikurangi secara berangsur-angsur (4 unit setiap 2 - 4 hari).
Pemakaian tablet dapat ditambah setiap interval mingguan.
b. Bila dosis insulin lebih dari 60 unit sehari, pemberian metformin adakalanya menyebabkan penurunan kadar gula darah dengan cepat. Pasien demikian harus diamati dengan hati-hati selama 24 jam pertama setelah pemberian metformin, sesudah itu dapat diikuti petunjuk yang diberikan pada (a) di atas.

Dosis percobaan tunggal:
Penentuan kadar gula darah setelah pemberian suatu dosis percobaan tidak memberikan petunjuk apakah seorang penderita diabetes akan memberikan respon terhadap metformin. Efek maksimum mungkin baru diperoleh setelah pasien menerima pengobatan metformin berminggu-minggu dan oleh karena itu dosis percobaan tunggal tidak dapat digunakan untuk penilaian.

Efek Samping:
Efek samping bersifat reversible pada saluran cerna termasuk anoreksia, gangguan perut, mual, muntah, rasa logam pada mulut dan diare.
Dapat menyebabkan asidosis laktat tetapi kematian akibat insiden ini lebih rendah 10 - 15 kali dari fenformin dan lebih rendah dari kasus hipoglikemia yang disebabkan oleh glibenklamid/sulfonilurea. Kasus asidosis laktat dapat dibati dengan natrium bikorbonat. Kasus individual dengan metformin adalah anemia megaloblastik, pneumonitis, vaskulitis.

Peringatan dan Perhatian:
- Keadaan yang memicu hipoksia dan akumulasi laktat dapat menyebabkan terjadinya asidosis laktat yang berbahaya, maka metformin tidak boleh diberikan pada penderita penyakin kardiovaskuler, gagal ginjal, gagal hati, dehidrasi dan peminum alkohol.
- Terapi metformin jangka panjang, dapat menyebabkan gangguan absorpsi vitamin B12 dan asam folat di saluran cerna, oleh karena itu perlu diperiksa kadar vitamin B12 dalam serumnya tiap tahun.
- Meskipun metformin tidak menimbulkan efek samping embrionik pada wanita hamil yang mengalami diabetes, insulin lebih baik daripada zat antihiperglikemik oral untuk mengontrol hiperglikemia pada kehamilan.
- Tidak dianjurkan untuk diberikan pada wanita menyusui.
- Kemungkinan terjadinya interaksi antara metformin dan antikoagulan tertentu, dalam hal ini mungkin diperlukan penyesuaian dosis antikoagulan.
- Perlu hati-hati untuk orang-orang lanjut usia, infeksi serius dan dalam keadaan trauma.

Interaksi Obat:
- Acarbose penghambat alpha-glukosidase mengurangi bioavailabilitas metformin dan mengurangi konsentrasi puncak plasma metformin rata-rata, tetapi waktu untuk mencapai konsentrasi puncak tersebut tidak berubah.
- Getah guar dapat mengurangi kecepatan absorpsi metformin dan mengurangi konsentrasi metformin dalam darah.
- Simetidin menghambat sekresi metformin pada tubular ginjal secara kompetitif dan meningkatkan daerah di bawah kurva konsentrasi plasma metformin terhadap waktu serta mengurangi ekskresi ginjal metformin.
- Antikoagulan oral phenprocoumon menambah eliminasi obat ini, meningkatkan aliran darah hati dan ekstraksi hati sebagai efek metformin pada aktivitas enzim mikrosomal.

Penyimpanan:
Simpan pada suhu kamar (25 - 30 derajat Celsius).

HARUS DENGAN RESEP DOKTER

Jenis: Tablet

Produsen: PT Dexa Medica

Share di Facebook
Bookmark: Google Digg Furl del.icio.us Reddit YahooMyWeb Simpy blogmarks Smarking

Ada 15 ulasan tentang "METFORMIN" dari konsumen. Posting ulasan Anda.  Baru!

PAKAI TIDAK TERATUR
Dari: Samosir di JAKARTA, tanggal: May 15, 2014 03:53:15
Rating:
Positif:237
Negatif:Sering naik turun karena diare jdai kadang2 pakainya
Ulasan Samosir tentang METFORMIN
  
Gula saya naik turun, kalau tidak makan seminggu naik keatas 240, rutin turun sampai dibawah 200 risikonya diare mencert terus gimana atasi menceret terus

Bermanfaat: 43. Tidak bermanfaat: 3 | Apakah ulasan ini bermanfaat bagi Anda?
rfek samping medformin
Dari: aries subagio di Semarang, tanggal: May 11, 2014 20:11:30
Rating:
Positif:obat ini saya ikuti dengan olah raga joging yang berat kurang lebih 40 mrnit gul saya normal
Negatif:sewaktu saya kurang olah raga cenderung gula darah saya naik pada hal saya udah diet ketat dengan makan beras merah kurangi gula
Ulasan aries subagio tentang METFORMIN
  
saya kirim beli beli obat medformin di apotik kemudian saya dapat informasi apakah betul pemakaian medformin dapat menurut libido laki-2 . Atas perhatian saya ucapkan terima lasih

Bermanfaat: 33. Tidak bermanfaat: 1 | Apakah ulasan ini bermanfaat bagi Anda?
Trajents duo
Dari: Ermin di Cikarang, tanggal: Dec 31, 2013 01:55:26
Rating:♥♥♥
Positif:6
Negatif:2
Ulasan Ermin tentang METFORMIN
  
Untuk Ibu Rusdah Pasinduri Saya juga baru dikasih resep sama Dokter dari RS di Bekasi Timur, obat Trajents duo 2.5/850 bisa Ibu dapatkan di Apotik di Bekasi Barat o. Tel. 021-8205186

Bermanfaat: 17. Tidak bermanfaat: 3 | Apakah ulasan ini bermanfaat bagi Anda?
metformin bagus untuk dm
Dari: Diding Rustandi di majalengka, tanggal: Dec 22, 2013 05:51:50
Rating:♥♥♥♥♥
Positif:gula darah terkontrol
Negatif:mulanya diare
Ulasan Diding Rustandi tentang METFORMIN
  
awalnya saya diberi dosis setengah tablet x 2, lalu dosisnya 3x1 tablet gula darah terkontrol 135

Bermanfaat: 24. Tidak bermanfaat: 3 | Apakah ulasan ini bermanfaat bagi Anda?
Minum mtformin
Dari: Fajar di Bekasi, tanggal: Dec 18, 2013 16:11:00
Rating:♥♥
Positif:Cepat menurunkan gula
Negatif:Blm ada
Ulasan Fajar tentang METFORMIN
  
Sy adalah penderita penyakit diabet 10 th. Sy diberi obat metformin sama green coffe (dari nutrimax) dan sy tambahi lagi dg minum daonil 5mg, apakah ini berbahaya? Sy minum daonil kombinasi dg metformin baru sekali tapi gula darah sy sewaktu 135 mg. Demikian pertanyaan saya

Bermanfaat: 32. Tidak bermanfaat: 6 | Apakah ulasan ini bermanfaat bagi Anda?

1 2 3

Berikan Ulasan
Apakah Anda konsumen obat ini atau Anda ingin memberi ulasan?
Di sini Anda dapat membagi pengalaman Anda dengan pembaca yang lain, karena pembaca lain tentu sangat membutuhkan informasi dan pengalaman dari Anda.
Nama:
Email:
Asal:
Rate:
Subject:
Positif:
Negatif:
Ulasan:
Kode:
Tulis Kode:

Catatan dan Perhatian!
DechaCare.com hanya memberikan informasi sesuai dengan informasi-informasi yang tertera pada kemasan dan brosur obat. Informasi yang tersedia di DechaCare.com diambil dari berbagai sumber dan tidak dimaksudkan sebagai pengganti nasihat, saran, konsultasi ataupun kunjungan kepada dokter Anda. Kunjungi dokter Anda bila masalah kesehatan atau sakit Anda berlanjut.
DechaCare.com tidak bertanggung jawab atas segala dampak yang terjadi atas penggunaan/penyalahgunaan informasi-informasi yang disajikan dalam situs ini.

Ikuti DechaCare.com di

Obat Hormon Lainnya
 • Allopurinol
 • EM Kapsul
 • Glibenclamide
 • Glimipiride
 • Gliquidone
 • Lancar Asi
 •  Obat Hormon selengkapnya...
Produk PT Dexa Medica Lainnya
 •  Cefixime Kapsul
 •  Cefixime Sirup
 •  Ceftazidime
 •  Fludexin Sirup
 •  Glimipiride
 •  Gliquidone
 •  Produk PT Dexa Medica selengkapnya...
Info Obat yang Sering Dilihat
 • Ciprofloxacin 500 mg
 • Asam Mefenamat
 • Cefadroxil 500 mg
 • Natur-E
 • Dexamethasone 0,5 mg
 • Zevit Grow
 • TRAMADOL
Info Obat Terbaru
 • PROVELYN
 • Fita Joint (fitajoint)
 • HELTISKIN
 • Hypobhac Injeksi
 • Droxefa
 • Metoclopramide Hcl
 • Cefixime Sirup
Komentar Obat Terbaru
 •  Kalpanax Cream: kebingungan memakai obat kalpanax
Dari nanda zentrie , di kota malang
(+) bntih merah seperti menyerupai jerawat pada punggung ?
(-) gatal gatal dan merah
 •  Nifedipine: MAnfaat Obat ini
Dari ronald Pasaribu, di Medan
(+) aman digunakan
(-) tidak mudah untuk tidur nyeyak
 •  DEXTAMINE dexamethasone dexchlorpheniramine maleat: share pengalaman
Dari masetio wibowo, di surabaya
(+) cepat meredakan alergi
(-) jangan memakai dalam jangka panjang (ketergantungan)
 •  Pharmaton Formula: Efek samping Pharmaton Formula
Dari U. I. Prabowo., di Blitar
(+) belum tau
(-) belum tau
 •  Sabun JF Sulfur 10prs: :(
Dari aufaa nmtn, di depok
(+) belum tau
(-) belum tau
Paling Banyak Komentar
 • TRAMADOL
 • Zevit Grow
 • Natur-E
 • Ciprofloxacin 500 mg
 • Dexamethasone 0,5 mg
 • Medi-Klin TR


 
 
Copyright © 2014 www.DechaCare.com. All rights reserved.  
Aktivitasku...
Aktivitasku...
  • Refresh