Menambah Nafsu Makan Anak dan Balita

Anak Dan Balita 7 138.457

Nafsu makan anak-anak berkurang disebabkan oleh beberapa hal:

Kurangnya variasi makanan yang diolah.
Hal ini bisa ditanggulangi dengan:

1. Mencoba dengan bahan yang sama tetapi dengan resep yang berbeda, misalnya jagung selain dibuat sop, bisa juga dimasak untuk dadar jagung, atau makanan selingan seperti kue jagung, jenang jagung dan lain sebagainya.   

2. Menambah makanan selingan dengan bahan yang bergizi diantara makanan utama misalnya dari ketela pohon direbus kemudian dihaluskan,kemudian dikepal, di dalamnya diberi gula merah, dicelupkan dalam adukan 1 butir telor lalu digoreng, atau wortel (tambahkan daging bila ada) dicincang, tumis dengan bawang putih dan daun bawang, masukkan bihun yang sudah ditiriskan tambahkan kecap sedikit, gula dan garam secukupnya.    

3. Tetap diusahakan agar anak selalu makan (makanan utama) 3 kali sehari agar nutrisi yang masuk dalam tubuh anak terjaga, perlu diberitahukan pada pembantu rumah tangga yang menyuapi si anak agar sabar dan telaten.     

4. Menambah multivitamin yang sesuai dengan kondisi dan umur anak misalnya selain ASI ditambah dengan susu yang dibutuhkan tubuh si anak (bisa melalui konsultasi gizi dengan dokter si anak).
    
Masa peralihan pemberian makanan lunak ke padat (umur 2 tahun keatas).
Hal ini bisa diatasi dengan ramuan:

1. Sesendok makan air jeruk nipis diberi gula secukupnya,
diminum 2x sehari sesudah makan.       

2. Sehelai daun pepaya segar dicuci lalu dilumatkan dengan
sedikit garam dan diberi air matang sedikit demi sedikit kira-kira 1/4
gelas , peras airnya kemudian diminum sekaligus.      
 
Sakit perut semacam sakit perut biasa, mencret/diare, cacingan, dll.
CACINGAN:
250 g mentimun dan 500 g tahu di buat sop.    
Segenggam daun pare segar diseduh dengan 1/4 gelas air lalu disaring dan diberi 1 sendok teh madu kemudian diminum sebelum sarapan.
5 wortel yang sudah dikeringkan ditumbuk/parut sampai menjadi bubuk, seduh dengan air secukupnya, minum 2x sehari, 5 g setiap kali minum. 

Bila cacingan kremi: 3 siung bawang putih dikupas, dicuci, kunyah sampai halus, telan dan minum air hangat, lakukan 1-2x sehari atau dengan resep : 1/4 kelapa hijau dan 1 wortel diparut, campur kedua bahan ini dengan bahan segelas air, peras dan saring, dan diminum malam hari sebelum tidur.    

Bila cacingan gelang: 60 g jahe segar dicuci lalu dilumatkan dan diberi segelas air, lalu disaring dan diberi 1 sendok makan madu, dan diminum 3x sehari atau dengan resep : 2 sendok biji pepaya dilumatkan lalu diseduh dengan 1/2 gelas air panas, lalu ditambahkan 1 sendok makan madu dan diminum selagi hangat 1x sehari.

Tag:

Info Kesehatan Terkait

7 Komentar

  1. dhila marasabessy May 16, 2015 22:47:12
    Bermanfaat: 9 / Tidak bermanfaat: 0

    aslm.. sy butuh saran utk menambah berat badan anak sy.. sdh 17bln keliatan kurus susah makan sy sampai bingun dan stres hadapi anak sy yg susah mkn byk cara sdh sy coba tp cmn jln seminggu mknnya bgs stlh itu sdh gak lagi sllu kyk gtu, minum susu jg gk byk2.. klu mw di bilang sehat alhamdulillah sehat cmn yg buat masalah bdnnya aja yg gak gemuk..sy sgt berhrp bsa dpt saranyan terutama menu2 mknana apa yg sy harus buat biar anak sy bertmba nfsu mknnya

    Apakah komentar ini bermanfaat bagi Anda?
  2. Rahmi Gani Oct 21, 2012 23:49:30
    Bermanfaat: 74 / Tidak bermanfaat: 7

    saya bingung anak saya umur 16 bulan, tidak mau makan, cuma ASI dan SUFOR saja, kalau di suap tidak mau buka mulut, siapa tau ada yang tau caranya agar sikecil mau makan, please dong infonya.trims

    Apakah komentar ini bermanfaat bagi Anda?
  3. comeroblack Oct 20, 2012 22:37:13
    Bermanfaat: 48 / Tidak bermanfaat: 8

    anak saya umur 8 bln, dia susah makan.

    saya sudah beri vitamin tapi tetap tidak ada perubahan.
    atas sarannya terima kasih.

    Apakah komentar ini bermanfaat bagi Anda?
  4. andi fitri Oct 14, 2012 21:50:43
    Bermanfaat: 27 / Tidak bermanfaat: 6

    anak sy berumur 16 bulan. dh seminggu gak mau makan. walaupun sdh tertelan makanannya, akhirnya muntah jg. bgm ya caranya...???

    Apakah komentar ini bermanfaat bagi Anda?
  5. eria Oct 3, 2012 09:12:34
    Bermanfaat: 31 / Tidak bermanfaat: 7

    ya tuuhan sy stes bgt ank sy umur 7 bln masih 5 kg dy g.mau mkn minum.a jg kurang
    dah kedokter 3x g.da perubahan
    perkembangan.a baik
    cm pertumbuhan.a
    tolong sy

    Apakah komentar ini bermanfaat bagi Anda?
12

Beri Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi ditandai *



Informasi yang tersedia di DechaCare.com diambil dari berbagai sumber dan tidak dimaksudkan sebagai pengganti nasihat, saran, konsultasi ataupun kunjungan kepada dokter Anda. Kunjungi dokter Anda bila masalah kesehatan atau sakit Anda berlanjut. DechaCare.com tidak bertanggung jawab atas segala dampak yang terjadi atas penggunaan/penyalahgunaan informasi yang disajikan.

Berlangganan Informasi

Dapatkan informasi kesehatan dan informasi obat terupdate dengan mendaftarkan email Anda.


Copyright © 2015 DechaCare.com

Back to Top