Warning: mysqli_connect() [function.mysqli-connect]: (42000/1203): User dechacar_dechaca already has more than 'max_user_connections' active connections in /home1/dechacar/public_html/controller/DCDatabaseManager.php on line 60

Warning: mysqli_error() expects parameter 1 to be mysqli, boolean given in /home1/dechacar/public_html/controller/DCDatabaseManager.php on line 64
Informasi Obat: Nifedipine - DechaCare.com
Nifedipine
10 129.893

Nifedipine

Tablet
PT Dexa Medica
Obat Kardiovaskuler atau Jantung
Beri rekomendasi

Indikasi:
Pengobatan dan pencegahan insufisiensi koroner (terutama angina pektoris setelah infark jantung) dan sebagai terapi tambahan pada hipertensi.

Kontra Indikasi:
- Hipersensitivitas terhadap nifedipine. - Karena pengalaman yang terbatas, pemberian nifedipine pada wanita hamil hanya dilakukan dengan pertimbangan yang hati-hati.

Komposisi:
Tiap tablet selaput mengandung:
Nifedipine 10 mg

Farmakologi:
Nifedipine merupakan antagonis kalsium (calcium channel blocker) yang berefek mengurangi konsumsi oksigen jantung, memperbaiki toleransi latihan pada pasien angina pektoris, mengurangi kebutuhan nitrogliserin dan mengurangi perubahan iskemik jantung saat beristirahat dan beraktivitas. Pada percobaan terhadap hewan, menunjukkan perbaikan perfusi pada miokardium yang iskemik.
Pada angina Printzmetal dimana nyeri dada disebabkan oleh spasme koroner, nifedipine terbukti merupakan terapi yang efektif.
Nifedipine merupakan anti hipertensi poten, dimana responnya lebih bermakna pada tekanan darah inisial yang lebih tinggi.
Pada individu dengan normotensif, tekanan darahnya hampir tidak turun sama sekali. Pada pasien hipertensi, nifedipine menurunkan resistensi perifer serta tekanan darah sistolik dan diastolik, meningkatkan volume per menit dan kecepatan jantung, dan juga mengurangi resistensi koroner, meningkatkan aliran koroner dan menurunkan konsumsi oksigen jantung. Efek antihipertensi dari nifedipine dalam dosis tunggal oral memberi onset sangat cepat dalam waktu 15 - 30 menit dan berlangsung selama 6 - 12 jam. Nifedipine cocok untuk terapi hipertensi ringan, sedang dan berat. Terapi dapat dikombinasi dengan betha-bloker, diuretik, metildopa atau klonidin. Pada kasus resistensi pada betha-bloker atau terapi kombinasi betha-bloker dan diuretik, respon positif dapat diperoleh dengan penambahan nifedipine dalam terapi.
Penambahan nifedipine secara oral pada krisis hipertensi akan menurunkan tekanan darah dengan cepat dan efektif.
Nifedipine juga digunakan untuk terapi hipertensi nefrogenik, hiperaldosteronisme dan feokromositoma.
Berbeda dengan betha-bloker, nifedipine dapat digunakan untuk pasien penderita asma karena tidak meningkatkan disposisi obstruksi bronkial, juga tidak mengganggu sirkulasi prifer tetapi sebaliknya memiliki aksi vasodilatasi. Nifedipine juga cocok digunakan untuk pasien dengan klaudikasi atau sindrom Renaud yang diperburuk oleh betha-bloker.
Nifedipine tidak memberi efek ntiaritmia.
Pemberian nifedipine secara oral akan diabsorbsi dengan baik, 92 - 98% terikat oleh protein plasma dan diekskresi dalam bentuk metabolit tidak aktif melalui urin.
Nifedipine dalam dosis tunggal diekskresi sebesar 80% dalam waktu 24 jam.
Insufisiensi ginjal tidak berpengaruh secara signifikan terhadap farmakokinetik nifedipine.

Dosis:
- Dosis tunggal: 5 - 10 mg.
- Dosis rata-rata: 5 - 10 mg, 3 kali sehari.
Interval di antara 2 dosis pemberian tidak kurang dari 2 jam.

Peringan dan Perhatian:
Pemberian nifedipine pada pasien dengan stenosis aorta atau pasien yang sedang diberikan betha-bloker atau obat depresan miokardium lainnya dapat menyebabkan resiko gagal jantung.

Efek Samping:
- Dose dependent disebabkan oleh dilatasi vaskular seperti: sakit kepala atau perasaan tertekan di kepala, flushing, pusing, gangguan lambung, mual, lemas, palpitasi, hipotensi, hipertensi ortostatik, edema tungkai, tremor, kram pada tungkai, kongesti nasal, takikardia, tinitus, reaksi dermatologi.
- Sangat jarang terjadi, dilaporkan pada pemakaian nifedipine jangka panjang terjadi hiperplasia gusi dan segera kembali ketika pemakaian nifedipine dihentikan.
- Efek samping berat yang memerlukan penghentian pengobatan relatif jarang terjadi.

Interaksi Obat:
- Penggunaan nifedipine bersamaan dengan betha-bloker mempotensi efek antihipertensi nifedipine.
- Penggunaan nifedipine bersamaan dengan betha-bloker pada pasien dengan insufisiensi jantung, terapi harus dimulai dengan dosis kecil dan pasien harus dimonitor dengan sangat hati-hati.
- Penggunaan nifedipine bersamaan dengansimetidin (tidak pada ranitidin) meningkatkan konsentrasi plasma dan efek antihipertensi nifedipine.

Overdosis:
Intoksikasi nifedipine jarang dijumpai.
Dosis 210 mg menyebabkan hipotensi berat dan blok atrioventrikular total. Terapi hipertensi dan blok atrioventrikular dianjurkan dengan infus simpatomimetik (isoprenalin, dopamin) yang memberikan aksi yang berlawanan dengan nifedipine dengan meningkatkan perfusi kalsium ke dlam sel miokardium. Larutan kalsium glikonat 10% dapat diberikan dengan dosis inisial 10 - 20 mlditingkatkan sesuai respon.

HARUS DENGAN RESEP DOKTER

Obat Terkait

10 Komentar

  1. MAnfaat Obat ini Oct 28, 2014 14:37:35 oleh ronald Pasaribu di Medan
    Bermanfaat: 46 / Tidak bermanfaat: 34

    Kelebihan: aman digunakan

    Kekurangan: tidak mudah untuk tidur nyeyak

    luar biasa
    Obat ini sangat ampuh untuk mengobati kamu yg hipertensi ringan seperti saya dan tenang dada tidak berdebar debar mengkonsumsi obat ini.
    hanya saja pertanyaan saya obat ini tidak pakai resep dokter ? karena di Klinik biasa yang ditangani mantri ataupun bidan obat ini bisa didapatkan.

    Apakah komentar ini bermanfaat bagi Anda?
  2. kombinasi nifedipine propranolol simvastatin Aug 18, 2014 22:44:41 oleh hendro di Kembangan
    Bermanfaat: 44 / Tidak bermanfaat: 32

    Kelebihan: tekanan darah cepat turun dan tanpa efek samping

    Kekurangan: usahakan rutin

    Kombinasi nifedipine propranolol simvastatin 10 mg siiip untuk hipertensi !!!, usahakan minum secara rutin
    sebelum makan malam. Jangan lupa membawa ketiganya beberapa buah didompet untuk jaga-jaga barangkali
    diperlukan diperjalanan. Semoga sehat selalu. Amin.

    Apakah komentar ini bermanfaat bagi Anda?
  3. Nifedipin sangat efektif utk hipertensi yg peka kena panas matahari Feb 4, 2014 08:17:16 oleh Niku di Kalbar
    Bermanfaat: 51 / Tidak bermanfaat: 35

    Kelebihan: Dgn 5mg/ h sdh efektif

    Kekurangan: Blm tahu, mhn info.

    Bisnis naik motor temporer

    Apakah komentar ini bermanfaat bagi Anda?
  4. maamfaat dan tujuan Feb 3, 2014 05:25:59 oleh rufus di jakarta
    Bermanfaat: 39 / Tidak bermanfaat: 38

    Kelebihan: positiv

    Kekurangan: -

    Maav saya mau tanya, apa boleh jika pasien yg hypertensi telah sedang teraphi nipedipine dan di sertai vitamin2, misalkan seperti CDR atau vitamin2 C lainnya?...trmks.

    Apakah komentar ini bermanfaat bagi Anda?
  5. hypertensi turunan May 22, 2013 10:16:39 oleh Rijadi Subiantoro di Bandar Lampung
    Bermanfaat: 103 / Tidak bermanfaat: 35

    Kelebihan: cepat menurunkan hipertensi

    Kekurangan: sering kencing malam hari

    Saya (56th) penderita hipertensi yang penyebabnya divonis oleh dokter jantung adalah "bakat" (160-190/100-110), hasil darah melalui lab normal. Kemudian saya menggunakan obar captopril 12,5 mg namun terjadi batuk yang berkepanjangan, lalu saya ganti dengan nefidipine 10

    Apakah komentar ini bermanfaat bagi Anda?
12

Beri Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi ditandai *



Informasi yang tersedia di DechaCare.com diambil dari berbagai sumber dan tidak dimaksudkan sebagai pengganti nasihat, saran, konsultasi ataupun kunjungan kepada dokter Anda. Kunjungi dokter Anda bila masalah kesehatan atau sakit Anda berlanjut. DechaCare.com tidak bertanggung jawab atas segala dampak yang terjadi atas penggunaan/penyalahgunaan informasi yang disajikan.

Berlangganan Informasi

Dapatkan informasi kesehatan dan informasi obat terupdate dengan mendaftarkan email Anda.


Copyright © 2015 DechaCare.com

Back to Top