Nimotop
0 24.932

Nimotop

Tablet/Infus
PT Bayer Indonesia
Lain-lain
Beri rekomendasi

Indikasi:
Profilaksis dan pengobatan defisit neurologik iskemik yang disebabkan vasospasme serebral akibat pendarahan subarakhnoid karena aneurisma.

Kontra Indikasi:
Pemakaian kronik sebelumnya dari obat-obat antiepileptik fenobarbital, fenitoin atau karbamazepin menurunkan ketersediaan hayati pemberian Nimotop® secara oral, maka pemberian bersamaan Nimotop® tablet dan obat-obat antiepileptik tidak direkomendasikan.

Komposisi:
1 tablet salut film mengandung 30 mg nimodipin.
1 botol larutan infus isi 50 ml mengandung 10 mg nimodipin.

Interaksi:
Neuroleptika dan antidepresan, zidovudin, simetidin dan obat-obat antiepilepsi, rifampisin, jus grapefruit.

Efek yang Tidak Diinginkan:

  • Efek pada saluran gastrointestinal: nausea, ileus

  • Efek pada sistem saraf: pening, sakit kepala

  • Efek terhadap sistem kardiovaskuler: penurunan tekanan darah secara nyata, flushing, berkeringat, badan terasa hangat, bradikardia atau takikardia

  • Efek terhadap darah dan konstituen darah: sangat jarang terjadi trombositopenia.


Posologi dan Cara Pemberian:
  • Infus intravena: pada awal pengobatan 1 mg nimodipin selama 2 jam (sekitar 15 mgg/kg BB/jam). Jika ditoleransi dengan baik, setelah 2 jam dosis ditingkatkan menjadi 2 mg/jam. Pasien dengan berat badan kurang dari 70 kg atau dengan tekanan darah labil dimulai dengan dosis 0,5 mg nimodipin.

  • Pemberian intrasisterna: 20 ml cairan Nimotop® diencerkan (1 ml cairan infus Nimotop® dan 19 ml larutan Ringer).


Lama Pemberian:
Penggunaan profilaksis: terapi intravena harus dimulai tidak lebih dari 4 hari setelah perdarahan dan diteruskan selama periode maksimum dari vasospasme yaitu hingga 10-14 hari setelah perdarahan subarakhnoid. Jika selama pemberian Nimotop® dilakukan operasi untuk mengatasi perdarahan, pemberian Nimotop® intravena diteruskan sampai 5 hari setelah operasi.

Penggunaan Terapeutik:
Jika sudah terjadi gangguan neurologik, terapi harus diberikan secepatnya dan dilanjutkan selama 5-14 hari. Setelah itu diikuti dengan pemberian tablet dengan dosis 6 x 2 tablet/hari selama 7 hari. Tablet ditelan dengan sedikit air tanpa tergantung waktu makan. Interval setiap dosis tidak kurang dari 4 jam.

Obat Terkait

0 Komentar

  1. Belum ada komentar. Berikan komentar atau ulasan Anda terhadap Nimotop

Beri Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi ditandai *



Informasi yang tersedia di DechaCare.com diambil dari berbagai sumber dan tidak dimaksudkan sebagai pengganti nasihat, saran, konsultasi ataupun kunjungan kepada dokter Anda. Kunjungi dokter Anda bila masalah kesehatan atau sakit Anda berlanjut. DechaCare.com tidak bertanggung jawab atas segala dampak yang terjadi atas penggunaan/penyalahgunaan informasi yang disajikan.

Berlangganan Informasi

Dapatkan informasi kesehatan dan informasi obat terupdate dengan mendaftarkan email Anda.


Copyright © 2015 DechaCare.com

Back to Top