Warning: mysqli_connect() [function.mysqli-connect]: (42000/1203): User dechacar_dechaca already has more than 'max_user_connections' active connections in /home1/dechacar/public_html/controller/DCDatabaseManager.php on line 60

Warning: mysqli_error() expects parameter 1 to be mysqli, boolean given in /home1/dechacar/public_html/controller/DCDatabaseManager.php on line 64
Informasi Obat: OTOPAIN - DechaCare.com
OTOPAIN
8 102.067

OTOPAIN

Fls
PT Interbat
Obat Telinga
Beri rekomendasi

Indikasi:
Otitis eksternal akut dan kronis disebabkan oleh bakteri yang peka terhadap Polymyxin dan Neomycin sulfate serta bila efek antiinflamasi dari kartikosteroid dan efek anestesi lokal diperlukan.

Kontra Indikasi:
- Penderita-penderita yang hipersensitif terhadap salah satu komponen dalam obat ini. - Produk ini jangan digunakan, jika diduga atau diketahui adanya gangguan pada kanal bagian eksternal auditory yang disebabkan oleh infeksi viral cutaneous (sebagai contoh: virus Herpes simpleks atau virus Varicella-zoster).

Komposisi:
Tiap ml mengandung:
Polymyxin B sulfate ....................................................................... 10000 UI
Neomycin sulfate .......................................................................... 5 mg
Fludrocortisone acetate ................................................................... 1 mg
Lidocaine HCL ............................................................................. 40 mg

Khasiat:
OTOPAIN merupakan kombinasi zat-zat yang efektif untuk mengobati bermacam-macam penyakit pada telinga.
Polymyxin B sulfate dan Neomycin sulfate merupakan antibiotika dengan spektrum luas, aktif terhadap berbagai macam microorganisme: Pseudomonasaeruginosa, Staphylococus aureus, Eschericia coli, Klebsiella, Enterobacter sp., Neisseria sp..
Fludrocortisone acetate mempunyai khasiat antiradang, antialergi, dan antipruritis. Lidocaine hydrochloride merupakan anestesi lokal yang efektif untuk mengurangi rasa sakit pada infeksi telinga.

Efek Samping:

  • Berupa reaksi hipersensitifitas, jarang terjadi.

  • Neomycin sering menimbulkan kepekaan pada kulit. Ototoksisitas dan nefrotoksisitas juga pernah dilaporkan.

  • Efek samping dijumpai pada penggunaan topikal kombinasi antibiotika termasuk Neomycin dan Polymyxin B.

  • Berikut adalah efek samping lokal yang dilaporkan pada penggunaan kortikosteroid topikal, terutama yang dibalut dengan dengan kuat, yaitu: rasa terbakar, gatal, iritasi, kering, folikulitis, hipertrichosis, muncul seperti jerawat, hipopigmentasi, dermatitis peroral, alergi kontak dermatitis, maserasi pada kulit, infeksi sekunder, atropi kulit, stria dan malaria.

  • Efek samping sistemik jarang dan dapat terjadi dari kadar plasma yang tinggi karena dosis berlebihan.

Peringatan dan Perhatian:
  • Neomycin sulfate dapat menyebabkan sensitifitas kutan atau timbul iritasi.

  • Pengobatan tidak boleh lebih dari 10 hari karena resiko ototoksisitas lebih besar pada penggunaan jangka panjang. Penderita dalam pengobatan dengan tetes telinga yang mengandung Neomycin harus di bawah pengawasan klinik yang ketat.

  • Karena sifat asamnya yang dapat menyebabkan rasa terbakar dan menyengat, OTOPAIN Tetes Telinga jangan digunakan pada penderita dengan perforasi membran tympani.

  • Jika infeksi tidak menunjukkan perbaikan dalam 1 minggu, uji kultur dan kepekaan harus diulangi untuk mengidentifikasi organisme penyebab dan menentukan apakah terapi harus diganti.

  • Tidak ada penelitian yang cukup memadai dan terkontrol dengan baik untuk penggunaan pada wanita hamil. Kortikosteroid hanya digunakan jika keuntungan yang didapat lebih besar dibanding resiko pada fektus.

  • Ketika menggunakan produk yang mengandung Neomycin untuk mengontrol infeksi sekunder pada dermatosis kronis, seperti otitis eksternal kronis, pada keadaan ini kulit menjadi peka dibanding kulit normal, terhadap berbagai bahan termasuk Neomycin.

  • Produk ini mengandung Sodium metabisulfite, sulfite dapat menyebabkan berbagai reaksi alergi, termasuk gejala-gejala anafilaksis dan yang mengancam jiwa atau episode asmatik yang kurang berat pada orang-orang yang peka.

  • Pengobatan jangka panjang dengan antibiotika ini dapat menyebabkan pertumbuhan yang berlebihan dari organisme yang tidak peka seperti jamur.

Interaksi Obat:
Neomycin sulfate bersifat bakteriostatik, menghambat aktivitas bakterisida dari golongan penisilin dan derivat-derivatnya.

Aturan Pakai:
OTOPAIN diteteskan ke dalam lubang telinga dengan penetes. Sehari 2 - 4 kali 4 - 5 tetes, tergantung pada beratnya penyakit.
Lamanya pengobatan dengan produk ini seharusnya dibatasi sampai 10 hari berturut-turut.

Penyimpanan:
Simpan di bawah 25 derajat Celsius terlindung dari cahaya. Jangan disimpan dalam lemari pembeku.

HARUS DENGAN RESEP DOKTER

Obat Terkait

8 Komentar

  1. telinga panas Jan 24, 2015 07:22:45 oleh maria ulfah di banjarmasin
    Bermanfaat: 14 / Tidak bermanfaat: 8

    Kelebihan: mengeluarkan kotoran yang kering dan bergumpal

    Kekurangan: terasa panas ditelinga

    Setelah dibuka berapa bulan obat masih bisa digunakan....

    Apakah komentar ini bermanfaat bagi Anda?
  2. tersumbat seperti nya Sep 7, 2014 05:00:45 oleh arumningtyas di serang
    Bermanfaat: 14 / Tidak bermanfaat: 7

    Kelebihan: agar tidak tersumbat kotoran

    Kekurangan: baru beberapa hari pakai belum terlihat hasil nya

    Membersihkan telinga terlalu dalam mungkin, kemudian telinga terasa tersumbat, pendengaran agak berkurang, sekarang sedang mencoba pakai Otopain belum terlihat hasil nya

    Apakah komentar ini bermanfaat bagi Anda?
  3. Mujarab Jul 8, 2014 07:55:04 oleh Simon Pramana di Malang
    Bermanfaat: 21 / Tidak bermanfaat: 8

    Kelebihan: Cepat sembuh

    Kekurangan: Perih dan ngilunya susah ditolerir

    1 minggu pakai obat ini. 3x sehari @3 tetes (pagi siang, malam)

    Obat mulai menunjukkan hasil pada hari ke-4. Paling berat memang hari pertama sampai ketiga. Benar-benar seperti tersumbat (seperti pake earbud), perih, mau buka mulut ngilu, pusing, demam.
    Hari ke-5 sudah mulai enteng, nyeri berangsur menghilang, dan telinga tidak lagi tersumbat.

    Dokter saya juga memberikan obat berikut sebagai:
    1. Anti alergi (Cerini Cetirizine HCl 10mg)
    2. Anti nyeri (Coditam Codeine Paracetamol)
    3. Antibiotik (Lando 300 mg)

    Apakah komentar ini bermanfaat bagi Anda?
  4. telinga sakit Nov 13, 2013 04:28:36 oleh yanti prastiwi di denpasar, kuta bali
    Bermanfaat: 56 / Tidak bermanfaat: 10

    Kelebihan: rasa sakit di telinga akibat tersumbat kotoran jadi hilang

    Kekurangan: kok suara yang saya dengar agak sedikit kecil ya gak kayak biasanya

    gimana solusinya ya dok, soalnya saya takut telinga saya knp"

    Apakah komentar ini bermanfaat bagi Anda?
  5. Lumayan Ampuh. Oct 16, 2013 00:15:48 oleh Echad di Jakarta
    Bermanfaat: 23 / Tidak bermanfaat: 7

    Kelebihan: Mampu mengatasi bengkak di telinga luar.

    Kekurangan: cairan obat sulit menyerap

    Awalnya saya dari hidung lari ke telinga. karena suka gatal di rongga telinga, saya hobi mengorek dengan cotton bud. karena terlalu sering dan kasar mungkin, Telinga saya mengalami peradangan, bengkak di dalam, berwarna merah, dan menyempit lubang telinga saya. Rasanya nyeri, disentuh pelan saja nyeri sakit minta ampun. akhirnya dokter THT memberikan obat ini (OTOPAIN). Hasilnya sih bagus, bengkak di dalam telinga saya mengendur dalam jangka waktu yang relatif cepat. Memang jangan digunakan terlalu sering, takutnya ada penyakit lain yang berhubungan dengan telinga yang akan kebal dengan obat ini. Selain itu kata dokter, mesti di tetes 5 tetes dosis saya, tapi ntah kuping saya yang sempit atau bagaimana, cairan sulit masuk bagus, jadi suka meluber kemana-mana. Terkadang saya khawatir obat ini nggak dapat reaksinya, walau tetap sembuh sih radang telinga saya. terima kasih

    Apakah komentar ini bermanfaat bagi Anda?
12

Beri Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi ditandai *



Informasi yang tersedia di DechaCare.com diambil dari berbagai sumber dan tidak dimaksudkan sebagai pengganti nasihat, saran, konsultasi ataupun kunjungan kepada dokter Anda. Kunjungi dokter Anda bila masalah kesehatan atau sakit Anda berlanjut. DechaCare.com tidak bertanggung jawab atas segala dampak yang terjadi atas penggunaan/penyalahgunaan informasi yang disajikan.

Berlangganan Informasi

Dapatkan informasi kesehatan dan informasi obat terupdate dengan mendaftarkan email Anda.


Copyright © 2015 DechaCare.com

Back to Top