Petunjuk Penyimpanan Obat

Tips 0 11.072

Karena kurangnya informasi yang kita miliki, sehingga sering obat yang kita beli hilang khasiatnya, malah mungkin bisa berbahaya bagi kesehatan.

Apakah Anda pernah membaca petunjuk penyimpanan yang ada dalam setiap kemasan obat? Pada sebagian besar obat, pada petunjuk penyimpanannya tertera tulisan: "Simpan di tempat kering dan sejuk". Ini dikarenakan udara panas, kelembaban, dan juga sinar dapat merusak obat, sehingga obat tidak bekerja dengan efektif lagi. Jadi bila kita menyimpan obat dalam kabinet di kamar mandi, itu bukanlah tempat yang tepat. Lebih baik bila kita menyimpannya dalam ruangan tamu, tapi jauh dari jangkauan anak-anak.

Sebagai contoh, obat jantung yang disebut Nitrogliserin, yang bekerja bila diletakkan di bawah lidah karena adanya kelembaban. Jadi bila kita simpan obat itu dalam tempat yang lembab, maka Nitrogliserin akan bereaksi sehingga saat kita gunakan, kita tidak mendapatkan dosis obat yang utuh lagi.

Yang perlu diperhatikan juga:

1. Jangan menyimpan obat di lemari pendingin, bila di petunjuk penyimpanannya tidak tertulis demikian atau bila tidak dianjurkan oleh petugas apotik.
2. Simpan obat dalam botol kemasannya, karena kemasan botolnya memang telah dirancang sedemikian rupa agar obat yang ada di dalamnya tidak rusak oleh cahaya.
3. Bila obat dalam kemasan botol telah dibuka, maka batas kadaluwarsa obat yang tertera pada kemasan, sudah tidak berlaku lagi. Janganlah terlalu lama menyimpan obat yang telah dibuka.Janganlah obat yang telah dikeluarkan, dituang kembali ke dalam botolnya.
4. Usahakan obat yang steril tetap terjaga kesterilannya. Misalnya untuk obat tetes mata,janganlah ujung penetes obat mengenai bola mata kita saat kita meneteskannya.
5. Jika kita membawa obat dalam mobil dan melakukan perjalanan dengan waktu yang lama,ingatlah bahwa obat kemungkinan dapat rusak karena suhu yang tinggi dalam mobil.

Tag:

obat  

Info Kesehatan Terkait

0 Komentar

  1. Belum ada komentar. Berikan komentar Anda terhadap Petunjuk Penyimpanan Obat

Beri Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi ditandai *



Informasi yang tersedia di DechaCare.com diambil dari berbagai sumber dan tidak dimaksudkan sebagai pengganti nasihat, saran, konsultasi ataupun kunjungan kepada dokter Anda. Kunjungi dokter Anda bila masalah kesehatan atau sakit Anda berlanjut. DechaCare.com tidak bertanggung jawab atas segala dampak yang terjadi atas penggunaan/penyalahgunaan informasi yang disajikan.

Berlangganan Informasi

Dapatkan informasi kesehatan dan informasi obat terupdate dengan mendaftarkan email Anda.


Copyright © 2015 DechaCare.com

Back to Top