dechacare.com dechacare.com
Segenap Managemen dan Karyawan DechaCare.com mengucapkan
Selamat atas pelantikan Jokowi-JK

SHORTCUTS!!
 •  Informasi Seks
 •  Kirim Informasi
 •  Index Informasi
 •  Kalender Kesehatan
 •  Forum Kesehatan
 •  Humor Kesehatan
 •  Kirim Humor
 •  Daftarkan Link
 •  FAQ
• 

Sakit kepala yang secara medis dikenal sebagai cephalalgia atau dilafalkan cephalgia adalah suatu kondisi terdapatnya rasa sakit di dalam kepala: kadang sakit di belakang leher atau punggung bagian atas, disebut juga sebagai sakit kepala. Jenis penyakit ini termasuk dalam keluhan-keluhan penyakit yang sering diutarakan.

  Anda berada di: Beranda - Informasi Kesehatan - Pusing, Gejala dan Penanganannya  
 
Aktivitas Pengunjung:
Pembaca merekomendasikan DEGIROL 10 menit lalu.
? < >
   
Anggota? 

Lupa password?

Pusing, Gejala dan Penanganannya
Label: pusing, sakit kepala. Dibaca: 246476 kali. Facebook Share: 633.Twitter Share: 62. Rating: ♥♥
Anggota DechaCare.com
Daftar sekarang (GRATIS)
Daftarkan email Anda, selanjutnya DechaCare.com akan mengirim informasi pilihan Anda ke email Anda. Informasi selengkapnya...

Terbaru: DechaCare.com API
Akse ke DechaCare.com API bagi developer website informasi kesehatan.
Dokumentasi DechaCare.com API selengkapnya.

Pusing ! Hampir semua orang, pasti pernah mengalaminya. Dan yang perlu diingatkan banyak orang yang menganggap enteng jenis penyakit. Padahal penyakit ini sering kali menyebabkan aktivitas kita terganggu.

Ternyata penyebab pusing ada bermacam-macam. Kenali, dan hindari sebisa mungkin.

Ada berapa macamkah jenis pusing?

Biasanya orang awam membedakan pusing menjadi beberapa jenis, misalnya limbung saat berdiri mendadak, berkunang-kunang, melayang, dan lain-lain. Pusing sebenarnya terdiri dari dua jenis. Pertama yaitu kondisi di mana penderita merasa segala objek yang ada di depan matanya dan ada di sekitarnya bergerak atau berputar-putar. Kedua adalah kondisi penderita merasa seperti berjalan di atas awan, tubuhnya terasa ringan dan tidak stabil.

Sedangkan berdasarkan penyebabnya, secara garis besar, pusing dapat dibedakan menjadi dua, yaitu pusing yang timbul sebagai akibat dari adanya kelainan pada otak, dan pusing yang disebabkan oleh kelainan pada telinga.

Mengapa pusing timbul?

Pada telinga bagian dalam dua terdapat semicircular canal dan vestibulum yang bertugas mengatur keseimbangan. Selain itu juga terdapat rumah siput yang berfungsi untuk menangkap suara atau sebagai indra pendengaran. Kedua fungsi ini saling berdampingan.

Otak kecil bertugas untuk mengontrol segala macam perintah atau impuls yang berasal dari mata, bagian tubuh lain, terutama alat kontrol organ keseimbangan yang terdapat di dalam telinga. Dengan ini, otak kecil berperan besar dalam menjaga postur dan keseimbangan tubuh manusia. Sehingga bila terjadi kelainan atau gangguan, terutama pada otak kecil atau organ pengatur keseimbagan yang terdapat di dalam telinga, akan menimbulkan pusing.

Pusing yang diakibatkan oleh adanya gangguan pada telinga ini, bersamaan dengan memburuknya fungsi organ pengatur keseimbangan dan selaput gendang. Yang akan dirasakan adalah telinga berdenging dan gangguan pendengaran. Contoh dari kasus ini adalah meniere syndrom dan gangguan pendengaran yang timbul secara mendadak. Sedangkan jenis pusing yang tidak disertai gangguan pada pendengaran antara lain BPPV (Benign Paroxymal Positional Vertigo) dan radang pada vestibulum.

Sedangkan pusing yang diakibatkan oleh gangguan pada otak disebabkan karena memburuknya aliran darah pada arteri yang bertugas untuk mengirim zat gizi dan unsur asam. Hal tersebut dapat disebabkan oleh stres atau penyempitan pada arteri. Keadaan ini dapat menjadi penyebab berbagai macam gangguan pada otak, misalnya pendarahan, infraksi, kanker, dan berbagai macam penyakit lain yang dapat mengancam keselamatan jiwa.

Bisa dijelaskan ciri-ciri pusing yang berbahaya?

Pada saat pusing, biasanya penderita akan merasakan sakit kepala yang hebat, terkadang sampai mual atau muntah. Selain itu tangan dan kaki penderita gemetar, dan objek di depan mata terlihat dobel. Pada kasus yang lebih serius, bahkan penderita sampai kehilangan kesadaran. Bila timbul gejala-gejala serius atau tidak biasa seperti itu, ada kemungkinan terjadi gangguan pada otak, misalnya pendarahan otak atau infraksi. Oleh karena itu, pada situasi demikian sangat disarankan untuk membawa penderita ke rumah sakit sesegera mungkin.

Apabila pusing yang dirasakan tidak terlalu hebat, pertolongan pertama pada penderita adalah dengan membaringkannya pada tempat yang tenang. Setelah pusing dirasakan berkurang, gerak-gerakkan kepala dengan perlahan, dan berusaha untuk mencari posisi yang dapat menghilangkan pusing tersebut. Setelah penderita tenang, bawalah ke ahli THT untuk mendapat pemeriksaan.

Menurut penelitian, lebih dari setengah dari penyebab pusing berasal dari gangguan pada telinga. Yaitu meniere syndrom (22%), BPPV (16%), radang pada saraf vestibulum (7%), dan gangguan pendengaran mendadak (4%). Sedangkan selebihnya disebabkan oleh gangguan pada otak atau tidak diketahui penyebabnya secara pasti pada saat diperiksa.

Pusing sering diidentikkan dengan Meniere syndrom. Bagaimana penjelasannya?

Dapat dikatakan, meniere syndrom merupakan jenis penyakit yang sangat terkenal. Oleh karena itu seringkali pasien langsung divonis menderita meniere syndrom pada saat memeriksakan diri di dokter THT. Padahal sebelumnya mungkin saja dia divonis menderita penyakit lain saat memeriksakan diri pada selain dokter ahlinya.

Meniere syndrom terjadi karena memburuknya metabolisme cairan limpa pada bagian dalam telinga sehingga di dalam telinga menjadi berair. Ciri dari meniere syndrom adalah kepala terasa berputar hebat sampai penderita tidak mampu berdiri. Keadaan ini berlangsung selama kurang lebih 30 menit. Pada kasus berat, dapat berlangsung sampai setengah hari. Meniere syndrom terjadi secara tidak menentu, dan dapat mengakibatkan kerusakan pada waktu mendatang. Ada kasus penderita kehilangan pendengaran.

Penyakit ini banyak dialami oleh orang pada usia produktif, terutama 30 60 tahun. Penyakit yang juga disebut dengan stres ini rentan diidap oleh orang yang serius dan perfeksionis.

Bagaimana penjelasan pusing yang diakibatkan kelainan pada telinga?

Gangguan pendengaran yang terjadi secara mendadak sering kali sulit dibedakan dengan meniere syndrom. Akan tetapi, pada gangguan pendengaran yang terjadi secara mendaadak ini biasanya hanya terjadi sekali. Tumor pada saraf pendengaran memiliki gejala yang mirip dengan kedua penyakit tersebut. Walaupun ini termasuk tumor jinak, tapi sebaiknya dilakukan pemeriksaan dan pengobatan untuk mencegah tumor menjadi besar.

BPPV juga merupakan salah satu jenis pusing yang juga berasal dari gangguan pada telinga. Akan tetapi, tidak disertai dengan telingan mendenging atau gangguan pendengaran. BPPV terjadi akibat adanya pengelupasan pada bagian dalam vestibulum lalu masuk ke semicircular canal.

Ciri dari BPPV adalah penderita merasa kepala berputar dengan hebat pada saat posisi tubuh tidak semestinya, misalnya ketika bangkit dari tempat tidur, saat membungkukkan badan ketika melepas atau memakai kaos kaki, dan lain-lain. Keadaan ini hanya berlangsung selama 1 2 menit.

Infeksi vestibulum sering terjadi setelah penderita sembuh dari masuk angin. Dalam kasus semacam ini, diperkirakan penyebabnya adalah inveksi yang disebabkan oleh virus. Pada kasus pusing kepala berputar dengan hebat, dapat berlangsung selama beberapa hari.

Ketika fungsi semicircular canal, baik pada telinga kanan atau kiri menurun, pada saat tubuh melakukan gerakan tertentu, akan disampaikan ke otak kecil informasi mengenai adanya gangguan pada salah satu bagian. Selanjutnya, seluruh anggota tubuh akan mengatasi gangguan tersebut dan berusaha untuk menjaga kestabilan tubuh.

Tidak hanya terbatas pada meniere syndrom saja, sebagian besar orang takut bila pusing yang dialaminya akan menjadi buruk sehingga mereka tidak bisa menggerakkan tubuhnya sama sekali. Justru pemikiran inilah yang menyebabkan memburuknya situasi. Selain itu, pusing juga berhubungan dengan saraf otonom sehingga diperlukan gerakan-gerakan untuk melatih saraf otonom tersebut.

Ada berbagai macam cara untuk menghindari pusing, yaitu dengan rajin berolah raga, terutama berenang. Ketika berenang, selain seluruh tubuh bergerak, kulit akan mendapatkan rangsangan yang cukup dari suhu air dan tekanan air.

Label: pusing, sakit kepala. Dibaca: 246476 kali. Facebook Share: 633.Twitter Share: 62. Rating: ♥♥

Informasi Kesehatan terkait:

Share di Facebook Kirim ke Teman
  Google Digg Furl del.icio.us Reddit YahooMyWeb Simpy blogmarks Smarking
Disclaimers
Beri rating:

Kirim Informasi Kesehatan Ke Teman
Apakah Anda ingin berbagi Informasi Kesehatan ini dengan teman Anda?
Silakan tulis pesan Anda pada kolom berikut ini (gunakan tanda koma [,] untuk mengirim ke lebih dari satu teman pada bagian Nama dan Email teman).
Nama Anda:
Email Anda:
Nama Teman:
Email Teman:

Tuliskan pesan Anda pada kolom berikut:
Kode:
Tulis Kode:

Ada 24 komentar untuk informasi kesehatan ini. Posting komentar Anda.

Oleh: lily indriyani, tanggal: 2014-05-29 23:58:04
saya sring merasakan sait dikepala saya sampai saya terbiasa sakit kepala dan sering mengabaikan rasa sakit itu,, namun lama kelamaan sakitnya mulai merambat sampai ke mata, hidung, pipi dan gigi. sebenarnya sakit yang saya rasakan termasuk jenis yang mana?? tolong beri saya jawaban

Bermanfaat: 6. Tidak bermanfaat: 0 | Apakah komentar ini bermanfaat bagi Anda?
Oleh: Muh. Habibullah, tanggal: 2014-02-10 04:28:01
kemarin minggu saya berenang di salah satu kolam renang di kota yg saya tinggali, tetapi baru lima menit saya berenang kepala saya terasa sangat pusing sekali, berdenyut hebat dibagian depan. Setelah itu saya berhenti sekitar 30 menit hingga akhirnya benar2 reda dan saya melanjutkan berenang.
Lalu Rabu kemarin saya pergi berenang lagi, tetapi kali ini saya baru pemanasan dengan "timbul-tenggelam" di air, kepala saya langsung pusing lagi bahkan lebih sakit dari hari minggu. Dan sampai sekarang masih terasa sedikit pusing setelah saya beri obat pusing.

NB: biasanya saya ketika renang di kolam tsb menggigil karena airnya berasal langsung dari mata air yang mengalir sehingga sangat dingin, tetapi dua kali terakhir (ketika saya tiba2 sakit kepala) saya tidak merasa kedinginan tetapi malahan terserang sakit kepala sangat hebat.

Ada yang tahu kenapa? Dan solusi?

Bermanfaat: 4. Tidak bermanfaat: 0 | Apakah komentar ini bermanfaat bagi Anda?
Oleh: simpleaja, tanggal: 2013-11-25 20:14:11
kepala saya sering pusing, seperti berdenging dan terus berulang kenapa ya

Bermanfaat: 7. Tidak bermanfaat: 1 | Apakah komentar ini bermanfaat bagi Anda?
Oleh: srisukarni, tanggal: 2013-11-14 02:14:20
sangat baik, dan sangat dibutuhkan untuk ilmu pengetahuan, terutama tentang kesehatan tubuh. Memang orang cenderung mengabaikan penyakit yang seharusnya di perhatikan, karena adalah warning tubuh kita yang perlu diperhatikan, alangkah baiknya mencegah dari pada mengobati, Ingat perhatikan kesehatan kita...

Bermanfaat: 4. Tidak bermanfaat: 5 | Apakah komentar ini bermanfaat bagi Anda?
Oleh: risky nur istikomah, tanggal: 2013-10-17 23:38:41
sangat membantu saya ,memberikan penjelasan yang detail n wawasan yang luas,,,
terimakasih.....:)


Bermanfaat: 5. Tidak bermanfaat: 2 | Apakah komentar ini bermanfaat bagi Anda?

1 2 3 4 5 >> 

Berikan Komentar
Apa komentar Anda terhadap Informasi Kesehatan ini?
Di sini Anda dapat membagi komentar Anda dengan pembaca yang lain, pengalaman atau tanggapan Anda terhadap Informasi Kesehatan ini bisa menjadi bahan diskusi bersama pembaca yang lain.
Nama:
Email:

Tulis komentar Anda pada kolom berikut:
Kode:
Tulis Kode:

RSS Feed Info Kesehatan


Tips Kesehatan
.Diet Kilat Ternyata Efektif Turunkan Berat Badan
.Tanda-tanda Tubuh Kurang Konsumsi Lemak
.Lima Manfaat Kesehatan Tidur Tanpa Mengenakan Busana
Berita Keluarga
.Fakta Seputar Payudara (Bagian 2)
.Ini yang Dilakukan Otak Ketika Kita Tidur
.Kaki Tiba-tiba Kram Saat Malam? Ini Sebabnya
Pola Hidup
.Untuk Bakar Kalori dari Sebotol Soft Drink, Perlu Jalan Kaki 42 Menit
.6 Penyebab Nyeri pada Payudara
.Fakta Seputar Payudara (Bagian 1)
Anak dan Balita
.Ini Tanda Orangtua Tak Dekat dengan Sang Buah Hati
.Studi: Antibiotik Berhubungan dengan Obesitas Anak
.Peran Dokter Kecil untuk Pengetahuan Gizi Anak
Berita Seks
.Warna Sperma Bisa Jadi Pertanda Kesehatan
.Orgasme Berulangkali, Pria Pasti Bisa
.Memilih Alat Kontrasepsi ala Kafetaria

 
 
Copyright © 2014 www.DechaCare.com. All rights reserved.  
Aktivitasku...
Aktivitasku...
  • Refresh