lipid-altering agent" dapat dipertimbangkan penggunaannya pada individu yang mengalami peningkatan risiko aterosklerosis vaskular yang disebabkan oleh hiperkolesterolemia. - Terapi dengan "lipid-altering agent" merupakan penunjang data diet ketat, bila respon terhadap diet dan pengobatan non-farmakologi tunggal lainnya tidak memadai. - Penyakit jantung koroner Pada penderita dengan penyakit jantung koroner dan hiperkolesterolemia, simvastatin diindikasikan untuk: - Mengurangi risiko mortalitas total dengan mengurangi kematian akibat jantung koroner. - Mengurangi risiko ifark miokard non fatal. - Mengurangi risiko pada pasien yang menjalani prosedur revaskularisasi miokardial. - Hiperkolesterolemia Menurunkan kadar kolesterol total dan LDL pada penderita hiperkolesterolemia primer (Tipe lla dan llb).">
dechacare.com dechacare.com

SHORTCUTS!!
 •  Informasi Seks
 •  Kirim Informasi
 •  Index Informasi
 •  Kalender Kesehatan
 •  Forum Kesehatan
 •  Humor Kesehatan
 •  Kirim Humor
 •  Daftarkan Link
 •  FAQ
• 

Farmakologi
Farmakologi adalah ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan obat-obatan. Biasa dalam ilmu ini dipelajari:
1. Penelitian mengenai penyakit-penyakit
2. Kemungkinan penyembuhan
3. Penelitian obat-obat baru
4. Penelitian efek samping obat-obatan dan atau teknologi baru terhadap beberapa penyakit berhubungan dengan perjalanan obat di dalam tubuh serta perlakuan tubuh terhadapnya.

  Anda berada di: Beranda - Informasi Obat - SIMVASTATIN  
 
Aktivitas Pengunjung:
Pembaca men-share informasi obat Amoxicillin di facebook 27 menit lalu.
? < >
    
Anggota? 

Lupa password?

SIMVASTATIN
Rating: ♥♥♥. Direkomendasikan oleh 40 pembaca. Beri rekomendasi:
SIMVASTATIN
Indikasi:
- Terapi dengan "lipid-altering agent" dapat dipertimbangkan penggunaannya pada individu yang mengalami peningkatan risiko aterosklerosis vaskular yang disebabkan oleh hiperkolesterolemia.
- Terapi dengan "lipid-altering agent" merupakan penunjang data diet ketat, bila respon terhadap diet dan pengobatan non-farmakologi tunggal lainnya tidak memadai.
- Penyakit jantung koroner
Pada penderita dengan penyakit jantung koroner dan hiperkolesterolemia, simvastatin diindikasikan untuk:
- Mengurangi risiko mortalitas total dengan mengurangi kematian akibat jantung koroner.
- Mengurangi risiko ifark miokard non fatal.
- Mengurangi risiko pada pasien yang menjalani prosedur revaskularisasi miokardial.
- Hiperkolesterolemia
Menurunkan kadar kolesterol total dan LDL pada penderita hiperkolesterolemia primer (Tipe lla dan llb).

Kontra Indikasi:
- Hipersensitif terhadap simvastatin atau komponen obat.
- Penyakit hati aktif atau peningkatan transaminase serum yang menetap yang tidak jelas penyebabnya.
- Wanita hamil dan menyusui.

Komposisi:
SIMVASTATIN 5 mg
Tiap tablet salut selaput mengandung:
Simvastatin.....................................5 mg

SIMVASTATIN 10 mg
Tiap tablet salut selaput mengandung:
Simvastatin.....................................10 mg

SIMVASTATIN 20 mg
Tiap tablet salut selaput mengandung:
Simvastatin.....................................20 mg

Cara Kerja Obat:
Simvastatin merupakan obat yang menurunkan kadar kolesterol (hipolipidemik) dan merupakan hasil sintesis dari hasil permentasi Aspergillus terreus. Secara in vitro simvastatin akan dihidrolisis menjadi metabolit aktif.
Mekanisme kerja dari metabolit aktif tersebut dengan cara menghambat kerja 3-hidroksi-3-metilglutaril koenzim A reduktase (HMG Co-A reduktase), di mana enzim ini mengkatalisis perubahan HMG Co-A menjadi asam mevalonat yang merupakan langkah awal dari sintesis kolesterol.

Rekomendasi Umum:
Sebelum memulai terapi dengan simvastatin, agar disingkirkan dahulu penyebab sekunder dari hiperkolesterolemia (seperti diabetes militus yang tidak terkontrol, hipotiroid, sindrom nifrotik, disproteinemia, penyakit hati obstruktif, terapi dengan obat lain, alkoholisme) dan lakukan pengukuran profil kolesterol total, kolesterol HDL dan trigliserida (TG).

Posologi:
Pasien harus melakukan diet pengurangan kolesterol sebelum dan selama pengobatan dengan simvastatin.
- Dosis awal yang dianjurkan 5- 10 mg sehari sebagai dosis tunggal pada malam hari.
- Dosis awal untuk pasien dengan hiperkolesterolemia ringan sampai sedang 5 mg sehari. Pengaturan dosis dilakukan dengan interval tidak kurang dari 4 minggu sampai maksimum 40 mg sehari sebagai dosis tunggal pada malam hari.
- Lakukan pengukuran kadar lipid dengan interval tidak kurang dari 4 minggu dan dosis disesuaikan dengan respon penderita.
- Pasien yang diobati dengan imunosupresan bersama HMG Co-A reductase inhibitor, agar diberikan dosis simvastatin terendah yang dianjurkan.
- Bila kadar kolesterol LDL turun di bawah 75 mg/dl (1,94 mmol/l) atau kadar kolesterol total plasma turun di bawah 140 mg/dl (3,6 mmol/l) maka perlu dipertimbangkan pengurangan dosis simvastatin.
- Penderita gangguan fungsi ginjal: tidak diperlukan penyesuaian dosis, karena simvastatin tidak diekskresi melalui ginjal secara bermakna. Walaupun demikian, hati-hati pemberian pada insufesiensi ginjal parah, dosis awal 5 mg sehari dan harus dipantau ketat.
- Terapi bersama obat lain: simvastatin efektif diberikan dalam bentuk tunggal atau bersama dengan 'bile-acid sequestrans'.

Efe Samping:
- Abdominal pain, konstipasi, flatus, astenia, sakit kepala, miopati, rabdomiolisis. Pada kasus tertentu terjadi angioneurotic edema.
- Efek samping lain yang pernah dilaporkan pada golongan obat ini:
- Neurologi: disfungsi saraf kranial tertentu, tremor, pusing, vertigo, hilang ingatan, parestesia, neuropati perifer, kelumpuhan saraf perifer.
- Reaksi hipersensitif: anafilaksis, angiodema, trombositopenia, leukopenia, anemia hemolitik.
- Gastrointestinal: anoreksia, muntah.
- Kulit: alopesia, pruritus.
- Reproduksi: ginekomastia, kehilangan libido, disfungsi ereksi.
- Mata: mempercepat katarak, ophthalmoplegia.

Peringatan dan Perhatian:
- Selama terapi dengan simvastatin harus dilakukan pemeriksaan kolesterol secara periodik. Pada pasien yang mengalami peningkatan kadar transaminase serum, perhatian khusus berupa pengukuran kadar transaminase harus dilakukan, jika terjadi peningkatan yang menetap (hingga 3 kali batas normal atas) pengobatan segera dihentikan.
- Dianjurkan melakukan tes fungsi hati sebelum pengobatan dimulai, 6 dan 12 minggu setelah pengobatan pertama, dilakukan berikutnya secara periodik (misalnya secara semianual).
- Hati-hati penggunaan pada pasien alkoholisme dan atau yang mempunyai riwayat penyakit hati.
- Pada penggunaan jangka panjang dianjurkan melakukan tes laboratorium secara periodik tiap 3 bulan untuk menentukan pengobatan selanjutnya.
- Terapi simvastatin harus dihentikan sementara atau tidak dilanjutkan pada penderita dengan miopati akut dan parah atau pada penderita dengan risiko kegagalan ginjal sekunder karena rabdomiolisis atau terjadi kenaikan kreatinin fosfokinase (CPK).
- Penderita agar segera memberitahukan kepada dokter apabila terjadi nyeri otot yang tidak jelas, otot terasa lemas dan lemah.
- Simvastatin tidak efektif pada pasien dengan homozygous familial hipercholesterolemia.
- Simvastatin tidak diindikasikan dimana hipertrigliseridemia merupakan kelainan utama (misalnya hiperlipidemia tipe I, IV dan V).
- Keamanan dan keefektifan pada anak-anak dan remaja belum pasti.

Interaksi Obat:
- Pemakaian bersama dengan imunosupresan, itrakonazol, gemfibrosil, niasin dan eritromisin dapat menyebabkan peningkatan pada gangguan otot rangka (rabdomiolisis dan miopati).
- Dengan anti kuogulan kumarin dapat memperpanjang waktu protrombin.
- Antipirin, propanolol, digoksin.

Kemasan:
SIMVASTATIN 5 mg. Box, 5 bister @ 10 tablet saut selaput.
SIMVASTATIN 10 mg. Box, 5 bister @ 10 tablet saut selaput.
SIMVASTATIN 20 mg. Box, 5 bister @ 10 tablet saut selaput.

Penyimpanan:
Simpan pada suhu kamar (25 - 30 derajat Celcius) terlindung dari cahaya.

HARUS DENGAN RESEP DOKTER

Jenis: Tablet

Produsen: PT Dexa Medica

Share di Facebook
Bookmark: Google Digg Furl del.icio.us Reddit YahooMyWeb Simpy blogmarks Smarking

Ada 11 ulasan tentang "SIMVASTATIN" dari konsumen. Posting ulasan Anda.  Baru!

interaksi simvastatin dan digoksin
Dari: yulia di solo, tanggal: Jul 25, 2013 10:32:34
Rating:♥♥♥♥
Positif:murah
Negatif:tidak ada
Ulasan yulia tentang SIMVASTATIN
  
saya mau tanya, kalau boleh jawaban di email ke saya. apa bentuk interaksi obat digoksin dan simvastatin?terjadi interaksi di fase apakah?absorbsi,distribusi, metabolisme atau ekskresi?lalu penggunaan obat bia sama-sama diresepkan bagaimana?terima kasih saya menunggu jawaban anda

Bermanfaat: 31. Tidak bermanfaat: 5 | Apakah ulasan ini bermanfaat bagi Anda?
simvastatin
Dari: Erwin di Jakarta, tanggal: Jul 21, 2013 14:04:19
Rating:♥♥♥♥♥
Positif:belum tahu
Negatif:mungkin
Ulasan Erwin tentang SIMVASTATIN
  
Saya umur 58 tahun, terakhir medical check akhir Juni 2013, kolesterol 220 lain normal. Diberi simvastatin 20 mg dengan dosis 1 tablet sehari oleh dokter penyakit dalam untuk pengobatan selama 30 hari. Saat minum pertama malam hari sebelum tidur, esoknya telinga jadi mendenging, setelah 3 hari, saya ke dokter THT, setelah diperiksa, hanya diperkirakan karena flu. Selama minum obet telinga, maka simvastatin saya stop dulu. setelah obat telinga habis, dan telinga tidak lagi berdengung, saya minum kembali simvastatin, besoknya telinga saya mendenging lagi. Saya berkesimpulan mungkin penyebabnya karena minum obat simvastatin. Saya stop selama 3 hari, denging di telingapun hilang. Jadi saya stop total menggunakan simvastatin. Saya lakukan diet dan kombinasi mengkonsumsi omega369. Saat saya check lab lagi sehari sebelum menjalankan puasa, kolesterol sudah berkurang dan sudah normal.

Bermanfaat: 82. Tidak bermanfaat: 6 | Apakah ulasan ini bermanfaat bagi Anda?
mhn info...
Dari: Budi di Jakarta, tanggal: Jul 9, 2013 05:11:03
Rating:♥♥♥♥
Positif:murah
Negatif:kadang seperti terasa kesemutan di punggung sebelah kiri
Ulasan Budi tentang SIMVASTATIN
  
sy 53 th, hasil prodia ; cholest total 225, hdl 39

Bermanfaat: 15. Tidak bermanfaat: 2 | Apakah ulasan ini bermanfaat bagi Anda?
simvastatin efektip menurunkan Kolesterol
Dari: Riri di Kota Tangerang, tanggal: Jun 19, 2013 05:09:34
Rating:♥♥♥♥
Positif:murah
Negatif:tdk ada
Ulasan Riri tentang SIMVASTATIN
  
Sy, wanita usia 39 th, tb 162 cm, BB 56 kg, pengindap jantung koroner dkarenakan ada soft plak Tidak merokok dan tdk minum alkohol. sy mengkonsumsi simvastatin 20mg sejak febuari 2013 sd maret 2013 utk menurunkan kadar kolesterol berdasarkan resep dokter Jantung. kadang2 sy msh minum simvastatin jika trasa kolesterol meninggi.

Bermanfaat: 40. Tidak bermanfaat: 1 | Apakah ulasan ini bermanfaat bagi Anda?
tanggapan pemakaian simvastatin
Dari: sunardi radiono di yogyakarta, tanggal: Apr 12, 2013 21:02:24
Rating:♥♥♥
Positif:sedikit memperbaiki profil lemak saya
Negatif:menyebabkan beberapa keluhan
Ulasan sunardi radiono tentang SIMVASTATIN
  
saya seorang dokter, dengan sindroma metabolik, usia 60 th. profil lemak kurang baik, gula darah meningkat fungsi hati,ginjal jantung dan paru baik, hobi olah raga (3 - 5 kali/minggu). disarankan untuk mengkonsumsi simvastatin 5 mg/hari pada malam hari serta diet rendah karbohidrat/gula dan lemak. setelah dijalani 2 bulan, BB turun 10 kg (harus beli celana baru), kadar gula darah normal, profil lemak sedikit membaik. keluhan tidur malam sering terbangun, mudah lupa/pelupa, nyeri otot menyeluruh (maunya pijet melulu), keinginan seks menurun, gangguan fungsi ereksi.

usulan:
1. bagi sejawat dokter (tu: sp peny.dalam) untuk mengkaji lebih lanjut posologi simvastatin bagi pasien-pasien Indonesia.
2. adakah laporan tentang hasil /efektivitas simvastatin dengan cara berbeda (misal diberikan secara berselang/alternate) yang memberikan hasil setara?

Bermanfaat: 64. Tidak bermanfaat: 2 | Apakah ulasan ini bermanfaat bagi Anda?

1 2 3

Berikan Ulasan
Apakah Anda konsumen obat ini atau Anda ingin memberi ulasan?
Di sini Anda dapat membagi pengalaman Anda dengan pembaca yang lain, karena pembaca lain tentu sangat membutuhkan informasi dan pengalaman dari Anda.
Nama:
Email:
Asal:
Rate:
Subject:
Positif:
Negatif:
Ulasan:
Kode:
Tulis Kode:

Catatan dan Perhatian!
DechaCare.com hanya memberikan informasi sesuai dengan informasi-informasi yang tertera pada kemasan dan brosur obat. Informasi yang tersedia di DechaCare.com diambil dari berbagai sumber dan tidak dimaksudkan sebagai pengganti nasihat, saran, konsultasi ataupun kunjungan kepada dokter Anda. Kunjungi dokter Anda bila masalah kesehatan atau sakit Anda berlanjut.
DechaCare.com tidak bertanggung jawab atas segala dampak yang terjadi atas penggunaan/penyalahgunaan informasi-informasi yang disajikan dalam situs ini.

Ikuti DechaCare.com di

Obat Antiobesitas Lainnya
 • Diyet
 • Merit
 • Natur Slim
 • Prolipid
Produk PT Dexa Medica Lainnya
 •  Cefixime Kapsul
 •  Cefixime Sirup
 •  Ceftazidime
 •  Fludexin Sirup
 •  Glimipiride
 •  Gliquidone
 •  Produk PT Dexa Medica selengkapnya...
Info Obat yang Sering Dilihat
 • Ciprofloxacin 500 mg
 • Asam Mefenamat
 • Cefadroxil 500 mg
 • Natur-E
 • Dexamethasone 0,5 mg
 • Zevit Grow
 • TRAMADOL
Info Obat Terbaru
 • PROVELYN
 • Fita Joint (fitajoint)
 • HELTISKIN
 • Hypobhac Injeksi
 • Droxefa
 • Metoclopramide Hcl
 • Cefixime Sirup
Komentar Obat Terbaru
 •  Amoxicillin: Murah dan bermanfaat
Dari Yanto, di Palembang
(+) Dpt menyembuhkan berbagai infeksi dan radang.
(-) Belum tau
 •  Kondom Sutra OK: kondom
Dari ajai, di jonggol
(+) iya bagus buat klo ngewe gak hamil
(-) suka sakit klo di pake
 •  Betadine Kumur 100ml: pengguna betadine obat kumur bagaimana kalau tertelan
Dari rudi nurdiansyah, di karawang
(+) menghilangkan sariawan
(-) sering tertelan
 •  Allopurinol: untuk pengobatan asam urat
Dari oon tepe, di sby
(+) uric acid
(-) jangka waktu lama jika menggunakan obat ini saja, perlu obat anti inflamasi
 •  Cerebrovit: bekerja
Dari rozi edwar, di solok
(+) bermanfaat
(-) ketergantungan
Paling Banyak Komentar
 • TRAMADOL
 • Zevit Grow
 • Natur-E
 • Ciprofloxacin 500 mg
 • Dexamethasone 0,5 mg
 • Albothyl 10 ml


 
 
Copyright © 2014 www.DechaCare.com. All rights reserved.  
Aktivitasku...
Aktivitasku...
  • Refresh