TRAMADOL
120 442.487

TRAMADOL

Kapsul
PT Sanbe Farma
Obat Analgetik
Beri rekomendasi

Indikasi:
TRAMADOL diindikasikan untuk mengobati dan mencegah nyeri yang sedang hingga berat, seperti tersebut di bawah ini: - Nyeri akut dan kronik yang berat. - Nyeri pasca bedah.

Kontra Indikasi:
- Keracunan akut oleh alkohol, hipnotik, analgesik atau obat-obat yang mempengaruhi SSP lainnya. - Penderita yang mendapat pengobatan penghambat monoamin oksidase (MAO). - Penderita yang hipersensitif terhadap TRAMADOL.

Komposisi:
Tiap kapsul mengandung:
Tramadol Hidroklorida.....................................50 mg

Cara Kerja Obat:
TRAMADOL adalah analgesik kuat yang bekerja pada reseptor opiat.
TRAMADOL mengikat secara stereospsifik pada reseptor di sistem saraf pusat sehingga menghentikan sensasi nyeri dan respon terhadap nyeri. Di samping itu TRAMADOL menghambat pelepasan neutrotransmiter dari saraf aferen yang bersifat sensitif terhadap rangsang, akibatnya impuls nyeri terhambat.

Efek Samping:
- Sama seperti umumnya analgesik yang bekerja secara sentral, efek samping yang dapat terjadi: mual, muntah, dispepsia, obstipasi, lelah, sedasi, pusing, pruritus, berkeringat, kulit kemerahan, mulut kering dan sakit kepala.
- Meskipun TRAMADOL berinteraksi dengan reseptor apiat sampai sekarang terbukti insidens ketergantungan setelah penggunaan TRAMADOL, ringan.

Perhatian:
- Hati-hati bila digunakan pada penderita dengan trauma kepala, peningkatan tekanan intrakranial, gangguan fungsi ginjal dan hati yang berat atau hipersekresi bronkus; karena dapat meningkatkan resiko kejang atau syok.
- Dapat terjadi penurunan fungsi paru apabila penggunaan TRAMADOL dikombinasi dengan obat-obat depresi SSP lainnya atau bila melebihi dosis yang dianjurkan.
- TRAMADOL tidak boleh digunakan pada penderita ketergantungan obat. Meskipun termasuk agonis opiat, TRAMADOL tidak dapat menekan gejala putus obat, akibat pemberian morfin.
- TRAMADOL sebaiknya tidak diberikan pada wanita hamil, kecuali benar-benar diperlukan.
- 0,1% TRAMADOL diekskresikan melalui ASI (Air Susu Ibu).
- TRAMADOL dapat mengurangi kecepatan reaksi penderita, seperti kemampuan mengemudikan kendaraan ataupun mengoperasikan mesin.
- Lama pengobatan
Pada pengobatan jangka panjang, kemungkinan terjadi ketergantungan, oleh karena itu dokter harus menetapkan lamanya pengobatan. Tidak boleh diberikan lebih lama daripada yang diperlukan.

Interaksi Obat:
- Penggunaan TRAMADOL bersama dengan obat-obat yang bekerja pada SSP (seperti: tranquillizer, hipnotik), dapat meningkatkan efek sedasinya.
- Penggunaan TRAMADOL bersama dengan tranquillizer juga dapat meningkatkan efek analgesiknya.

Dosis:
Seperti halnya obat-obat analgesik, dosis harus diatur sesuai dengan beratnya rasa sakit dan respon klinis dari penderita.
Dosis untuk dewasa dan anak berumur di atas 14 tahun:
Dosis tunggal: 1 kapsul.
Dosis perhari: hingga 8 kapsul.
Apabila sakit masih terasa, dapat ditambahkan dosis tunggal kedua 1 kapsul TRAMADOL lagi, setalah selang waktu 30 - 60 menit.
Pada penderita dengan gangguan fungsi ginjal dan hati, perlu dilakukan penyesuaian dosis.

Kemasan:
Dus isi 5 strip @ 10 kapsul.

Penyimpanan:
Simpan di tempat sejuk dan kering, terlindung dari cahaya.

HARUS DENGAN RESEP DOKTER

Obat Terkait

120 Komentar

  1. dosis tinggi Mar 15, 2015 13:35:38 oleh andriansyah di cigombong - Bogor
    Bermanfaat: 31 / Tidak bermanfaat: 29

    Kelebihan: ngefly,enak buat blajar ,bawaanya happy,gamaluan,

    Kekurangan: suka mual,jarang makan,cengo,pikiran gafokus.insomnia

    Dulu sbelum gue pengguna TRD gue pemalu apalagi deketin cwe.skrang gue berani blak blakan ama cwe bahkan uda punya cwe berkat TRD..jadi gue lanjut trus guna TRD:-)

    Apakah komentar ini bermanfaat bagi Anda?
  2. ketergantungan TRAMADOL 50mg Jan 23, 2015 07:48:47 oleh Didin Blues di jawa timur kota mojokerto
    Bermanfaat: 79 / Tidak bermanfaat: 43

    Kelebihan: saya sehari ngembat TMD sampai 20 butiran lbih.emg bikin enjoy dalam kehidupan .kita itu merasa sprti orang bener.klo nasehatin orang laen ;D n kerja juga jd semangat truss tenaga kuda.buat ML jg enak bsa lama hahaha

    Kekurangan: kli gak makek sehari aja busset dah.badan rasa.a kyk di pukulin malaikat.kaki kadang2 ngangkat2 klau sakau.badan meriang gag jelas.lemes..

    Bagi yg belum ngenal obat ini.mending jangan deh.nyesel ntr kalian..mumpung belum ktergantungan SEHAT itu mahal broo..

    Apakah komentar ini bermanfaat bagi Anda?
  3. obat ejakulsai Jan 21, 2015 03:17:58 oleh asep fahrudin di jakarta
    Bermanfaat: 44 / Tidak bermanfaat: 39

    Kelebihan: kalo benar itu obat ejakulasi dini

    Kekurangan: kalo bersifat obat ejakulsi sementara

    Tramadol katanya obat ejakulasi dini permanen atau sementara mohon penjelasanya ya....!

    Apakah komentar ini bermanfaat bagi Anda?
  4. Cara menghentikan keterfantungan Jan 7, 2015 12:37:02 oleh arya di bandung
    Bermanfaat: 54 / Tidak bermanfaat: 39

    Kelebihan: Bagus

    Kekurangan: ga ada

    Gimana caranya agar bisa menghentikan ketergantungan obat TRAMADOL


    Apakah komentar ini bermanfaat bagi Anda?
  5. ingin berhenti Jan 6, 2015 14:54:03 oleh ando apriliando di bekasi
    Bermanfaat: 60 / Tidak bermanfaat: 42

    Kelebihan: menciptakan sensasi tidur yg berkualitas

    Kekurangan: sensor gerak motorik yg melambat

    saya pengguna TMD 4th ini, obat ini memberikan sensasi yg sgt mengesankan pertama adalah tidur nyenyak yg berkualitas, dan dibanding obat lain seperti Diazepam, alprazolam dll saya ttp menyukai obat ini, belakangan mulai saya rasakan efek negatifnya, obat ini menaikan kelipatan dosis setiap penggunaan, contoh; hari ini saya minum 5 besok saya harus konsumsi lebih utk dapat sensasi yg sama, dan skrg badan saya kurus karna nafsu makan tdk teratur, saya ingin berhenti tapi 2hr saya tdk konsumsi badan saya lemas, tdk bisa

    Apakah komentar ini bermanfaat bagi Anda?
123456789101112131415161718192021222324

Beri Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi ditandai *



Informasi yang tersedia di DechaCare.com diambil dari berbagai sumber dan tidak dimaksudkan sebagai pengganti nasihat, saran, konsultasi ataupun kunjungan kepada dokter Anda. Kunjungi dokter Anda bila masalah kesehatan atau sakit Anda berlanjut. DechaCare.com tidak bertanggung jawab atas segala dampak yang terjadi atas penggunaan/penyalahgunaan informasi yang disajikan.

Berlangganan Informasi

Dapatkan informasi kesehatan dan informasi obat terupdate dengan mendaftarkan email Anda.


Copyright © 2015 DechaCare.com

Back to Top