Tips Agar Kandungan Sehat dan Kuat

Tips 3 45.586

Memiliki momongan yang sehat sudah pasti menjadi idaman semua pasangan. Agar bisa mendapat keturunan yang sehat, ada baiknya Anda dan pasangan menyiapkan kehamilan sejak jauh-jauh hari.



Salah satu persiapan penting adalah menjamin asupan gizi yang baik dan cukup supaya si ibu dan kandungannya kelak sehat dan kuat. "Ibu yang kurang gizi bisa menimbulkan berbagai risiko bagi si anak," kata Tutik Ariyani, dokter ahli gizi dari Rumah Sakit Mediros, Jakarta. Risiko yang bisa timbul, misalnya, kelahiran prematur atau cacat pada bayi.



Tutik bilang, kecukupan gizi ini sebaiknya ditingkatkan sebelum si ibu hamil, saat mengandung, dan pasca melahirkan. "Asupan sudah harus ditingkatkan kurang lebih empat sampai enam bulan sebelum hamil," kata dia.

M. Lutfi Alkaff, dokter kandungan dari Rumah Sakit Sardjito, Yogyakarta, menjelaskan bahwa keharusan gelontoran gizi yang cukup sebelum kehamilan ini bukan tanpa alasan. Asupan gizi yang baik ikut menentukan kualitas sel telur yang bakal dibuahi sperma. Jika kualitas sel telur baik, kemungkinan bayi lahir dan tumbuh sehat pun lebih besar.

Saat kehamilan, pasokan gizi bagi ibu juga harus mencukupi. Sebab saat mengandung, ibu harus memberi makan dua orang, dia sendiri dan si jabang bayi yang masih di dalam perut. Tak ketinggalan, pasca melahirkan atau saat menyusui, seorang ibu juga harus mendapat asupan gizi yang cukup agar air susu ibu yang diproduksi juga bisa memberikan asupan gizi bagi si buah hati

Lalu asupan apa saja yang harus dicukupi oleh seorang ibu hamil? Tutik memberikan contoh, jika dalam kondisi biasa seseorang membutuhkan 1.700 kalori setiap hari, maka ketika hamil kebutuhan kalori bisa mencapai 2000. 



"Ketika menyusui kebutuhan kalori ini bisa naik lagi sampai 2.200 per hari," kata dia.

Selain kalori, protein juga penting. Kalau biasanya ibu membutuhkan 10 gram per hari maka ketika hamil kebutuhan dia bisa naik menjadi 12 gram sampai 15 gram per hari. Kandungan gizi lain yang penting bagi ibu hamil adalah asam folat. 



Kekurangan asam folat akan mengurangi kemampuan darah mengangkut oksigen. Alhasil, tubuh ibu mudah merasa letih dan lesu. Bagi janin, kekurangan folat bisa berakibat lebih buruk. Kekurangan turunan vitamin B ini bisa membuat bayi mengalami bibir sumbing, bobot rendah, dan cacat bawaan yang dikenal dengan istilah neural tubee defects (NTD).

Tambahkan susu

Nah, menurut Lutfi, asam folat sebaiknya diberikan sejak trisemester pertama kehamilan. Asam folat ini mudah ditemukan pada kacang-kacangan, buah-buahan, dan sayuran hijau. Untuk memperbesar asupan folat, ibu boleh saja mengonsumsi susu yang mengandung folat atau suplemen.

Ketika hamil, ibu juga bisa mengalami kekurangan darah atau anemia. Dus, ibu perlu kecukupan zat besi. Tapi, tambahan zat besi ini tidak diberikan pada masa trisemester pertama kehamilan. "Zat besi bisa membuat ibu semakin merasa mual dan muntah," kata Lutfi. 



Suplemen zat besi bisa diberikan pada ibu ketika memasuki masa trisemester kedua kehamilan. Agar tubuh semakin siap mengandung, ibu bisa melengkapi kecukupan gizi dengan mengonsumsi susu atau minyak ikan. Susu baik untuk mengurangi risiko osteoporosis atau keropos tulang pada ibu hamil.

Namun, menurut Tutik, susu hanyalah pelengkap. "Dengan mengonsumsi susu, bukan berarti ibu boleh tak makan sumber gizi alarm," kata dia. Para ibu yang tengah hamil tak boleh alpa makan berbagai sayuran dan buah untuk memenuhi kebutuhan gizi.

Tag:

Info Kesehatan Terkait

3 Komentar

  1. Monic Sep 2, 2013 01:42:49
    Bermanfaat: 28 / Tidak bermanfaat: 13

    saya wanita 22 tahun suami saya 27 tahun,,kami menikah sejak akhir juni 2013 ini tapi sampai sekarang saya belum merasakan tanda2 kehamilan,padahal pola makan saya dan suami sudah sama2 sehat,tidur sudah cukup,makan buah dan sayur sudah saya lakukan,posisi berhubungan yang baikpun sudah kami lakukan,apakah ada saran lain?

    Apakah komentar ini bermanfaat bagi Anda?
  2. hepy Feb 14, 2013 21:57:53
    Bermanfaat: 25 / Tidak bermanfaat: 14

    pgi..
    umur saya 27th dan suami 26th, saya sdh mnikah hampir 6bulan dan sdh mengkomsumsi mkanan dan susu utk mnunjang ksehatan saya dan suami..
    tp suami sring begadang main game dikomp smpe pagi serta merokok
    apa itu bisa mengganggu kualitas sperma mjdi tidak baik??
    apa yg perlu saya dan suami lakukan
    kata orang berkusuk itu perlu dan byk yg sudah berhasil.

    trimaksih.

    Apakah komentar ini bermanfaat bagi Anda?
  3. mega Aug 25, 2012 06:56:51
    Bermanfaat: 43 / Tidak bermanfaat: 18

    mlm...saya mau tanya,saya hamil uda usia hampir 2bln tp ada sedikit mslh yaitu saya mengalami keputihan dan sempat keluar tanda2 coklat.klo saya pk abotil boleh tidak atau apa y solusi yg gampang diatasi??? thx

    Apakah komentar ini bermanfaat bagi Anda?

Beri Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi ditandai *



Informasi yang tersedia di DechaCare.com diambil dari berbagai sumber dan tidak dimaksudkan sebagai pengganti nasihat, saran, konsultasi ataupun kunjungan kepada dokter Anda. Kunjungi dokter Anda bila masalah kesehatan atau sakit Anda berlanjut. DechaCare.com tidak bertanggung jawab atas segala dampak yang terjadi atas penggunaan/penyalahgunaan informasi yang disajikan.

Berlangganan Informasi

Dapatkan informasi kesehatan dan informasi obat terupdate dengan mendaftarkan email Anda.


Copyright © 2015 DechaCare.com. Design website oleh adiacipta.com

Back to Top