Tips Mengatasi Pegal Linu Dengan Cara Alami

Tips 7 133.407

NYERI otot dan pegal linu masalah kesehatan yang biasa terjadi pada setiap orang. Tapi biasanya pengobatan alternatif seperti pijat atau urut jauh lebih banyak dipilih dibanding langsung memeriksakan diri ke dokter. Pengobatan lain, minimal mengoleskan minyak atau salep dengan tujuan mengurangi rasa nyeri.

Nyeri otot dan pegal linu ini biasanya disebabkan ketegangan yang terjadi pada otot. Hal itu menyebabkan cedera pada otot atau tendon. Dengan aktivitas harian yang padat, kadang kita juga tidak sengaja melakukan kerja, gerakan, atau posisi yang menyebabkan otot tertarik atau terlalu capek.

Alhasil tubuh pegal-pegal dan merasa sakit. Tidur yang cukup salah satu cara untuk mengatasi problem ini, tapi terkadang hasilnya tidak maksimal tanpa bantuan perawatan khusus.

Berikut ini cara-cara alami untuk mengatasi masalah di atas: 

Mengompres dengan es.
Rajin-rajinlah mengompres bagian yang sakit dengan batu es. Awalnya tentu akan terasa dingin dan beku, namun efektif mengurangi rasa nyeri dan bengkak.

Bawang putih. Rempah yang sau ini memiliki zat antiperadangan yang berguna untuk mengatasi arthritis dan rematik. Caranya dengan mengoleskan bawang pada bagian yang terasa sakit.

Minyak cengkeh. Oleskan minyak cengkeh pada bagian tubuh yang nyeri, untuk mengatasi rasa sakit. Sebelumnya, dianjurkan untuk memanaskan minyak terlebih dahulu, tunggu hingga mendingin, lalu dioleskan di tempat yang sakit.

Susu. Perangi dan cegah sakit otot dengan kalsium. Minumlah 3 gelas susu per hari untuk memenuhi kebutuhan kalsium Anda.

Pisang. Jika penyebab sakit otot Anda adalah kram, makanlah pisang dua buah per hari. Pisang mengandung banyak potasium yang baik untuk mengatasi ketegangan pada otot.

Garam Inggris. Rendam kaki Anda dalam larutan garam inggris yang sangat kaya akan magnesium. Selain cepat terserap dalam kulit, berefek cepat unuk mengurangi rasa pegal-pegal dan pembengkakan di kaki.

Rosemary. Untuk mengurangi pembengkakan pada sakit otot, gunakan daun rosemary. Daun rosemary segar dan kering mengandung empat antiperadangan yang meredakan sakit pada otot dan mempercepat penyembuhan. Anda bisa mengunakan daun rosemary yang telah dicampur air mendidih sebagai pembilas atau pencuci kaki yang sangat cepat terserap lewat kulit.

Peregangan. Perangi kaki pegal dengan melatih otot. Pemanasan dan peregangan yang baik bisa dilakukan dengan jalan kaki selama 20 menit.

Tag:

pegal  nyeri  bawang  cengkeh  pisang  

Info Kesehatan Terkait

7 Komentar

  1. budi arsanto Jun 21, 2015 09:22:49
    Bermanfaat: 2 / Tidak bermanfaat: 0

    saya bila mau tidur malam sering mengalami pegal linu terutama pada kaki dan tangan sehingga mengganggu dalam tidur saya apa solusinya?

    Apakah komentar ini bermanfaat bagi Anda?
  2. mugi yanto May 14, 2015 22:08:55
    Bermanfaat: 28 / Tidak bermanfaat: 4

    umur aku baru 25 tapi aku susah tidur karna merasakan kaki ku linu tiap malam udah satu taun ini...aku mohon petunjuk anda aku pengin bebas dari penyakit ini uda lama aku trsiksa aku mohon petunjuk dari sodara...moga anda bisa membantu kami...trima kasi..

    Apakah komentar ini bermanfaat bagi Anda?
  3. riska Apr 9, 2015 23:52:13
    Bermanfaat: 112 / Tidak bermanfaat: 92

    Saya jadi lebih tau gimana cara nya mengatassi pegal linu . Terimakasih :)

    Apakah komentar ini bermanfaat bagi Anda?
  4. anshori Nov 19, 2013 06:36:26
    Bermanfaat: 172 / Tidak bermanfaat: 159

    Makasih Ya KK Thank You So Much


    Apakah komentar ini bermanfaat bagi Anda?
  5. fajar Aug 31, 2013 21:54:22
    Bermanfaat: 194 / Tidak bermanfaat: 157

    kenapa kaki saya sering terasa sangat pegal dan linu pada saat maen futsal, padahal sebelumnya ga pernah, mhon tips cara mengatasinya

    Apakah komentar ini bermanfaat bagi Anda?
12

Beri Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi ditandai *



Informasi yang tersedia di DechaCare.com diambil dari berbagai sumber dan tidak dimaksudkan sebagai pengganti nasihat, saran, konsultasi ataupun kunjungan kepada dokter Anda. Kunjungi dokter Anda bila masalah kesehatan atau sakit Anda berlanjut. DechaCare.com tidak bertanggung jawab atas segala dampak yang terjadi atas penggunaan/penyalahgunaan informasi yang disajikan.

Berlangganan Informasi

Dapatkan informasi kesehatan dan informasi obat terupdate dengan mendaftarkan email Anda.


Copyright © 2015 DechaCare.com

Back to Top