Tips Mengatasi Penyakit Gatal-Gatal

Tips 30 237.458

Penyakit Gatal-gatal (Pruritus) adalah suatu perasaan yang secara otomatis membuat tangan melakukan penggarukan.Kegiatan penggarukan yang dilakukan secara terus menerus bisa menyebabkan kemerahan dan goresan dalam pada kulit. Jangan anda kira jika anda menggaruk kulit yang gatal, maka rasa gatal tersebut akan hilang. Penggarukan secara terus menerus pada kulit bisa mengiritasi kulit yang selanjutnya akan menyebabkan bertambahnya rasa gatal dan bahkan jangka panjang bisa menyebabkan terjadinya jaringan parut dan penebalan pada kulit sehingga terkadang membentuk bentol-bentol yang berisi pada kulit yang gatal tersebut.



Penyebab Gatal bisa bermacam-macam. Bisa disebabkan oleh suatu penyakit kulit maupun penyakit sistemik, dan bisa juga disebabkan oleh beberapa hal seperti karena gigitan serangga, kaligata, dermatitik atopik,dermatitis kontak, dermatitis alergika dan infestasi parasit seperti skabies dan pedikulosis.



Selain sebab di atas, gatal-gatal juga dapat terjadi karena alergi dan juga kontak dengan bahan pakaian tertentu seperti wol dan sebagainya. Cuaca yang panas juga bisa menyebabkan gatl-gatal terutama pada daerah lembab seperti selangkangan karena banyaknya keringat.



Untuk mengatasi penyakit gatal maka kita perlu mengetahui penyebab dari gatal-gatal tersebut untuk kemudian dilakukan tindakan pengobatan.Dengan diketahuinya sebab penyakit gatal, maka bisa diberikan jenis pengobatan yang tepat. Jika kulit meradang, bisanya diberikan krim atau lotion pelembab yang tidak berbau dan berwarna, sebab pewarna atau aroma tambahan bisa mengiritasi kulit dan menyebabkan gatal-gatal.



Untuk krim, bisa juga diberikan Krim corticosteroid yang bisa membantu mengurangi peradangan dan mengendalikan gatal-gatal, hanya digunakan jika gatal-gatal terbatas pada suatu daerah yang kecil.Selain itu dapat juga memberikan obat yang mengandung mentol, kamper, kamomil, eukaliptus dan kalamin.



Untuk obat yang diminum bisa menggunakan Antihistamin (misalnya hydroxizin dan diphenhydramine) bisa membantu mengurangi gatal-gatal, tetapi obat ini menyebabkan kantuk. Untuk Antihistamin biasanya tidak diberikan dalam bentuk olesan langsung ke kulit karena bisa menyebabkan reaksi alergi.

Tag:

gatal  alergi  

Info Kesehatan Terkait

30 Komentar

  1. Ayu Jun 24, 2015 08:51:18
    Bermanfaat: 24 / Tidak bermanfaat: 1

    dok, saya gatal2 hampir di sekujut badan, muncul bintik2 dan terasa gatal amat sangat, saking gatalnya jadi membekas. sudah konsul ke dokter, tapi setelah minum obat ternyata mlah alergi obat tersebut, separuh muka saya jadi lebam. sepertinya saya ketularan temen saya, sudah 5 orang yang terkena gatal yang sama dan bertahap orang yang terkena abgaimana solusinya ya dok, terima kasih.

    Apakah komentar ini bermanfaat bagi Anda?
  2. indra Jun 18, 2015 19:55:26
    Bermanfaat: 41 / Tidak bermanfaat: 0

    Dok kug seluruh tubuh saya sering gatal2 klo digaruk pasti bintul2 kecil tp memanjang lama2 jd besar. Klo gag digaruk jg sama aja dok pasti bintul2 jg.. paling parah dipunggung sama di paha.. gmn solusinya dok

    Apakah komentar ini bermanfaat bagi Anda?
  3. rahmad muladi Jun 14, 2015 20:53:01
    Bermanfaat: 27 / Tidak bermanfaat: 0

    saya murid pesantren,saya mengalami gatal-gatal,penyakit saya kurang lebih sudah 1 bulanan ,bila bagian tubuh saya garuk keluar lah benjol benjol yang sanyat gatal, saya sudah 3 kali berobat ke dokter saya di kasih salep dan obat minum lalu tidak sembuh juga ,gimana saran nya agar saya tidak gatel gatel lagi ???? tololng

    Apakah komentar ini bermanfaat bagi Anda?
  4. Dadan May 25, 2015 02:40:14
    Bermanfaat: 24 / Tidak bermanfaat: 13

    saya sudah sering ngalamin penyakit gatal-gatal,jika saya bawa ke dokter,dokter cuman ngasih saya salep.Tetapi salep tersebut cuman bisa mampu hanya semalam

    Apakah komentar ini bermanfaat bagi Anda?
  5. Moch.Yusuf May 20, 2015 15:24:18
    Bermanfaat: 94 / Tidak bermanfaat: 11

    saya gatal di bagian badan saya saya sudah 1blan stengah mempunyai penyakit gatal2 ,saya mencoba untuk ke dokter dan hari kemudian2nya saya belum sembuh,dan saya sudah kedokter lagi beberapa kali tapi hasilnya nggak sembuh juga? Mungkin sajja saya keturaran temen saya ..karena saya suka ngopi bareng jadi nular ke saya. Gatal2 nya kalo di garuk suka merah merah dan terkadang ada yg jendol jendol dan terasa gatall Bagaimana cara mengatasi gatal seperti saya tolong tipsnya ?saya butuh!

    Apakah komentar ini bermanfaat bagi Anda?
123456

Beri Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi ditandai *



Informasi yang tersedia di DechaCare.com diambil dari berbagai sumber dan tidak dimaksudkan sebagai pengganti nasihat, saran, konsultasi ataupun kunjungan kepada dokter Anda. Kunjungi dokter Anda bila masalah kesehatan atau sakit Anda berlanjut. DechaCare.com tidak bertanggung jawab atas segala dampak yang terjadi atas penggunaan/penyalahgunaan informasi yang disajikan.

Berlangganan Informasi

Dapatkan informasi kesehatan dan informasi obat terupdate dengan mendaftarkan email Anda.


Copyright © 2015 DechaCare.com

Back to Top