Tips Mensiasati Anak Kurang Nafsu Makan

Anak Dan Balita 0 37.185

Kita memang sering dibikin pusing jika si buah hati sulit untuk disuruh makan. Apalagi kalau si anak punya aktifitas yang sangat tinggi. Banyak cara yang mungkin sudah dilakukan sang ibu, mulai dari membuat masakan yang disukai sang anak, sampai membuat makanan sehari- hari dengan banyak variasi. Tapi sang anak tetap lebih mementingkan bermain.

Kurangnya nafsu makan anak lebih sering disebabkan karena terlalu banyak jajan di luar. Banyak para orang tua memberikan uang saku lebih dengan harapan mereka di luar bisa membeli makanan/jajan, karena di rumah mereka tidak mau makan. Mungkin itu bisa dimengerti namun hal tersebut tidak akan menyelesaikan masalah si anak, tapi justru dapat memperparah.

Ada beberapa tips yang mungkin bisa dicoba bagi para ibu2 yang buah hatinya mempunyai masalah dengan nafsu makannya.

Pertama, jika si anak sulit untuk disuruh makan karena mereka lebih sering bermain di luar rumah, maka solusinya adalah dengan memberikan mereka camilan dari rumah. Usahakan camilan yang akan diberikan adalah camilan yang menyehatkan, seperti; tempe goreng, roti, dll. Dengan memberikan camilan dari rumah, mereka tetap bisa makan makanan bergizi tanpa harus mengurangi jadwal bermain mereka. Usahakan camilannya bervariasi untuk menghidari kebosanan. Tidak perlu makanan mahal, murah meriah tapi sehat.

Kedua, berikan anak makanan atau minuman yang berkalori tinggi untuk mengimbangi aktifitas mereka yang super sibuk. Salah satunya susu. Susu punya nilai kalori yang cukup tinggi. Berikan susu saat mereka mau berangkat sekolah, atau berangkat bermain. Setidaknya walaupun mereka tidak mau makan tapi masih tetap berenergi.

Ketiga, jika ada uang lebih tidak ada salahnya memberikan si anak suplement penambah nafsu makan yang berupa sirup manis atau tablet hisap. Dengan memberikan suplement penambah nafsu makan diharapkan dapat membantu mengatasi masalah kurang nafsu makan sang anak.

Mudah-mudahan tips diatas dapat membantu para ibu-ibu yang punya buah hati yang kurang nafsu makannya. Namun, perlu diingat gemuk bukan berarti sehat. Terlalu gemuk tidak baik untuk kesehatan dan perkembangannya nanti, tapi terlalu kurus juga tidak baik. Jadi lebih baik pilih jalan tengahnya.

Tag:

Info Kesehatan Terkait

0 Komentar

  1. Belum ada komentar. Berikan komentar Anda terhadap Tips Mensiasati Anak Kurang Nafsu Makan

Beri Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi ditandai *



Informasi yang tersedia di DechaCare.com diambil dari berbagai sumber dan tidak dimaksudkan sebagai pengganti nasihat, saran, konsultasi ataupun kunjungan kepada dokter Anda. Kunjungi dokter Anda bila masalah kesehatan atau sakit Anda berlanjut. DechaCare.com tidak bertanggung jawab atas segala dampak yang terjadi atas penggunaan/penyalahgunaan informasi yang disajikan.

Berlangganan Informasi

Dapatkan informasi kesehatan dan informasi obat terupdate dengan mendaftarkan email Anda.


Copyright © 2015 DechaCare.com

Back to Top