Tips Perawatan Wajah untuk Usia Remaja

Tips 11 153.731

Untuk tampil menarik dengan kulit yang halus dan sehat, perlu perawatan sedari dini. Sebaiknya sejak usia belasan tahun, anak sudah mulai dibiasakan untuk merawat wajahnya secara baik dan benar.

Umumnya remaja banyak berhubungan dengan debu dan matahari. Oleh karena itu, agar wajah senantiasa halus dan sehat harus selalu menjaga kebersihan kulit.

Menurut Janny Bodhipala selaku pakar kecantikan, para remaja sebaiknya melakukan beberapa langkah perawatan dasar, yaitu:

1. Selalu mencuci muka dengan sabun cair atau sabun padat khusus muka ketika bangun tidur dan setelah beraktivitas.
Hal ini perlu dilakukan karena karakter kulit ketika remaja mengalami perubahan akibat hormonal tubuh yang ada hubungannya dengan kulit. Oleh karena itu ada istilah kulit berminyak, kering, normal, atau kombinasi. Untuk mereka yang kulitnya berminyak, bisa menggunakan scrub plus tonic sebagai penyegar. Sementara untuk mereka yang memiliki kulit kering atau normal sebaiknya menggunakan cleansing yang lembut plus tonic sebagai penyegar wajah.

2. Karena remaja umumnya beraktivitas di bawah sinar matahari, mereka juga sebaiknya menggunakan krim pelindung dengan SPF 5-6. Setiap 1 SPF setara dengan 15 menit. Jadi jika ingin berenang selama 2,5 jam, sebaiknya menggunakan sun screen dengan SPF 10.

Untuk remaja putri, tak ada salahnya jika menggunakan bedak tabur agar terlihat lebih menarik. Mereka yang kulitnya tidak bermasalah cukup melakukan 2 tahap perawatan ini setiap harinya. Namun jika kulit mereka berjerawat, ada baiknya untuk melakukan perawatan tambahan sebagai berikut:

1. Menggunakan masker untuk jerawat setidaknya satu minggu sekali yang berfungsi untuk mengangkat lemak dan mengecilkan pori-pori (khusus untuk kulit berminyak).

2. Menggunakan obat jerawat yang tersedia bebas di pasaran. Dan dipakai hanya pada bagian yang memiliki problem jerawat.

Tag:

wajah  remaja  

Info Kesehatan Terkait

11 Komentar

  1. Vivi anggreyyany Feb 18, 2015 09:49:15
    Bermanfaat: 38 / Tidak bermanfaat: 26

    Bgaimana kalau gnta ganti pelembab? Apa yg terjadi?

    Apakah komentar ini bermanfaat bagi Anda?
  2. Hasna_Octaviani Nov 17, 2014 03:48:29
    Bermanfaat: 58 / Tidak bermanfaat: 26

    Saya umur 11 tahun,saya udah pakai sabun pepaya yang teratur tapi gak hilang juga -_-

    Tapi saya gak mau pakai obat,nah harus pakai apa tuh sabunnya??

    Apakah komentar ini bermanfaat bagi Anda?
  3. difa wahyuni Oct 19, 2014 22:10:40
    Bermanfaat: 89 / Tidak bermanfaat: 19

    saya mengalami pada mka saya, yaitu:jerawat,komedo ,dan beminyak,,
    cara yang tepat untuk perawatan muka yang untuk usia 14 tahun tu gimana ya?

    Apakah komentar ini bermanfaat bagi Anda?
  4. rotua siregar Jun 30, 2014 03:19:37
    Bermanfaat: 90 / Tidak bermanfaat: 21

    saya mempunyai wajah yang berminyak dan ada jerwat dan bekas jerawat nya umur saya 13 tahun, harus nya saya memakai masker atau sabun cuci muka seperti apa?
    sudah itu saja terima kasih

    Apakah komentar ini bermanfaat bagi Anda?
  5. aulia Feb 6, 2014 06:43:16
    Bermanfaat: 55 / Tidak bermanfaat: 30

    gimana kalau untuk memutihkan wajah dan melembabkan wajah ?
    sekarang saya sedang menggunakan sabun cuci muka,dan pelembab wajah termaksud saya mulai perawatan masker di rumah sesuai peraturan yg ter tera.apakah seumuran saya yg mau masuk 16 tahun itu baik untuk saya?

    Apakah komentar ini bermanfaat bagi Anda?
123

Beri Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi ditandai *



Informasi yang tersedia di DechaCare.com diambil dari berbagai sumber dan tidak dimaksudkan sebagai pengganti nasihat, saran, konsultasi ataupun kunjungan kepada dokter Anda. Kunjungi dokter Anda bila masalah kesehatan atau sakit Anda berlanjut. DechaCare.com tidak bertanggung jawab atas segala dampak yang terjadi atas penggunaan/penyalahgunaan informasi yang disajikan.

Berlangganan Informasi

Dapatkan informasi kesehatan dan informasi obat terupdate dengan mendaftarkan email Anda.


Copyright © 2015 DechaCare.com

Back to Top