Nyeri Saat Senggama atau Berhubungan

Seks 11 161.720

Sakit saat berhubungan intim mungtkin pernah Anda alami. Sakit itu timbul ketika pasangan (suami) melakukan penetrasi ke dalam vagina Anda. Rasa itu terkadang teramat sakit untuk Anda, sehingga apa yang seharusnya bisa Anda nikmati, justru mengganggu. Lalu, apa sih penyebab sakit itu ? Dan bagaimana cara mengatasinya?

Wanita Pernah Mengalami
Beberapa wanita pernah mengalami ketidaknyamanan atau rasa sakit ini saat melakukan hubungan intim. Nah rasa sakit ketika berhubungan intim pada wanita dalam istilah kedokteran dikenal dengan dispareunia. Rasa sakit ini bisa di bagian luar dari vagina, di bagian dalam vagina, atau bisa pula jauh di dalam daerah perut ataupun panggul, demikian menurut pendapat dari H.winter Griffith, MD. Rasa sakit ini timbul bisa saya pada saat berhubungan, saat di pertengahan, ketika orgasme, ataupun ketika selesai berhubungan suami-istri.

Sementara itu berdasarkan pengamatan dari Master & Johnson bahwa sekitar 15 persen wanita sudah menikah dalam setahun mengalami hubungan suami-istri yang menyakitkan untuk berberapa kali. Bahkan ahli tersebut memperkirakan pula bahwa sekitar satu atau dua persen wanita yang berumah tangga mengalami banyak lagi hubungan intim yang menyakitkan dalam setahun sebandingkan dengan kelompok wanita yang 15 persen itu. Rasa nyeri, sakit, dan bentuk-bentuk gangguan selama berhubungan intim, tentu saja dapat mengganggu kenikmatan dan kelanggengan dalam berhubungan intim.

Faktor Fisik
Penyebab dari dispareunia menurut Winter bisa beraneka, misalkan secara fisik. Nah, dispereunia yang disebabkan oleh factor fisik karena infeksi dari penyakit kelamin, seperti herpes ataupun penyakit lain yang menyerang vagina, leher rahim, ataupun tuba falopi. Karena anda sedang menjalani pengobatan atau peradiasian untuk menyembuhkan suatu penyakit, bisa juga mengakibatkan nyeri pada waktu berhubungan badan. Setelah beberapa waktu anda melahirkan karena dilakukan penyayatan pada mulut bibir kemaluan untuk mempermudah kehariran, bisa menyebabkan dispareunia.

Nyeri atau sakit bersenggama bisa juga karena anda menderita endometriosis. Yaitu adanya suatu jaringan endometrium di luar rahim, misalnya disaluran telur, indung telur, diantara dinding belakang rahim dan anus. Kerena robeknya selaput dara atau selaput dara tipis, bisa juga mengakibatkan nyeri saat berhubungan. Selain itu, jika terjadi luka disaluran kencing, bisa juga menyebabkan nyeri. Lalu karena reaksi alergi pada diaprama, kondom, ataupun tidak terlalu bagus pelumas pada kondom dan juga bisa dikarenakan factor menopause. Penurunan kadar esktrogen yang mempengaruhi jumlah cairan di vagina.

Faktor Psikis
Faktor ini lebih banyak disebabkan oleh trauma yang dialami sehingga membekas dalam ingatan, seperti misalnya kasus pemerkosaan. Selain itu juga karena adanya rasa takut hamil, karena memang belum mengharapkan adanya anak dalam keluarga (menikah pada usia muda). Faktor pemanasan yang kurang lama dan maksimal pada istri, juga dapat menyebabkan despareunia. Posisi pada yaktu bercinta juga banyak pengaruhnya.

Mengatasi Dispareunia
Untuk mengatasi masalah ini pertama – tama harus dikonsultasikan kepada dokter apa penyebabnya. Apabila factor utama penyebab dari penyakit ini terdeeteksi baru langkah-langkah pengobatan akan disesuaikan, baik oleh karena faktor fisik dan psikis

Tag:

Info Kesehatan Terkait

11 Komentar

  1. Helen Jun 4, 2015 23:05:38
    Bermanfaat: 83 / Tidak bermanfaat: 2

    dok saya mau tanya.. kenapa pada saat berhubungan seperti Mr. P suami saya menabrak sesuatu dan terkadang rasanya nyeri.. makasih sebelumnya

    Apakah komentar ini bermanfaat bagi Anda?
  2. Fariha May 17, 2015 07:40:33
    Bermanfaat: 70 / Tidak bermanfaat: 1

    Dokter sy seorang ibu rumah tangga dan pny 1 putra berumur 5th lebih.sy ingin tny.sy sdh berhenti ikut suntikan kb 20 bln yg lalu tp sy datang selama 8 bln,kadang sebulan 2kali sampai 3kali dan saya sering keputihan dan jg serjng merasakan nyeri dan sakit di bagian dalam atas vagina dan bagian perut bagian kiri sampai ke pinggang bagian kiri.dan merasa nyeri dibagian dalam atas vagina dan sakit dibagian pinggang dan perut bagian kiri saat datang bulan dan merasa kram pd bagian bawah perut pd hal Sy lancar tp darah yg keluar merah kehitaman dan banyak sekali.tp stlh sy adhus dr haid dan syberhubungan dg suami sy merasa nyeri dibagian atas vagina dan mengeluarkan darah tp sedikit dan keesokannya pun masih ada sedikit apa yg harus sy lakukan dan bagai mana cara pengobatannya terima kasih.

    Apakah komentar ini bermanfaat bagi Anda?
  3. shinta May 7, 2015 02:59:07
    Bermanfaat: 31 / Tidak bermanfaat: 2

    dog, saya mau tanya kenapa setiap saya bersenggama perut bagian kiri terasa sakit ya dog?? apalagi jika melakukannya setelah saya makan kenyang perut saya rasanya seperti di remas2 dan rasanya sakit sekali. terima kasih dog

    Apakah komentar ini bermanfaat bagi Anda?
  4. Selvi Apr 18, 2015 08:01:16
    Bermanfaat: 113 / Tidak bermanfaat: 61

    Dok...saat masturbasi dan mencapai orgasme sy...mengapa sy merasakan sakit d sekujur tubuh??...persendian terasa lepas..jari dan tangan terasa keram,..kulit terasa pedis jika d sentuh...miss v terasa nyeri bila d sentuh...dan lutut terasa sakit...dok apakah ini penyakit berbahaya??...apa yg harus sy lakukan dok...apa solusi yg harus sy lakukan dok???

    Apakah komentar ini bermanfaat bagi Anda?
  5. tyas Apr 9, 2015 08:01:02
    Bermanfaat: 120 / Tidak bermanfaat: 82

    Dok..saya penderita endometriosis.saya wanita 27 th dan bru 3 bln menikah..sblmnya saya wktu masih kuliah sudah pernah usg dan hasilnya aman2 saja..dan pd wktu akan menikah saya cek up k dr.obgyn untk persiapan..sejauh ini dr.obgyn saya masih usg saja..mau dilakukan usg dalam lewat vagina utk memastikan letak endometriosis saya..saya masih bgung dgn nyeri wktu berhubungan intim nya..apa kah nyeri nya itu sprt nyeri saat mens.??ato cm nyeri yg tiba2 dtg trus hlg...trimkasih dr..mohon pencerahannya..

    Apakah komentar ini bermanfaat bagi Anda?
123

Beri Komentar

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang wajib diisi ditandai *



Informasi yang tersedia di DechaCare.com diambil dari berbagai sumber dan tidak dimaksudkan sebagai pengganti nasihat, saran, konsultasi ataupun kunjungan kepada dokter Anda. Kunjungi dokter Anda bila masalah kesehatan atau sakit Anda berlanjut. DechaCare.com tidak bertanggung jawab atas segala dampak yang terjadi atas penggunaan/penyalahgunaan informasi yang disajikan.

Berlangganan Informasi

Dapatkan informasi kesehatan dan informasi obat terupdate dengan mendaftarkan email Anda.


Copyright © 2015 DechaCare.com

Back to Top